Sosok Arifin Panigoro: Pengusaha Top dan Masuk Daftar Orang Terkaya RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 28 Feb 2022 12:00 WIB
Pengusaha nasional Arifin Panigoro. (Istimewa).
Arifin Panigoro/Foto: Istimewa
Jakarta -

Kabar duka muncul dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Salah satu anggotanya, Arifin Panigoro meninggal dunia.

Arifin menutup usianya di umur 76 tahun. Dia mengembuskan napas terakhirnya saat melakukan perawatan kesehatan di Amerika Serikat.

Sosok Arifin sendiri lebih dulu dikenal sebagai pengusaha kelas kakap di Indonesia. Bisnisnya di sektor minyak dan gas membuatnya disebut-sebut sebagai Raja Minyak Indonesia.

Bahkan, Arifin pernah masuk dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia. Dilansir dari Forbes, Senin (28/2/2022), Arifin masuk ke dalam daftar orang terkaya di Indonesia pada tahun 2020.

Kekayaan Arifin yang dicatatkan oleh Forbes senilai US$ 550 juta atau sekitar Rp 7,86 triliun (Rp 14.300). Industri minyak dan gas disebut Forbes sebagai sumber kekayaan dari Arifin Panigoro.

Forbes mencatat Arifin Panigoro adalah pendiri Medco Energi Internasional sebuah perusahaan minyak dan gas kelas kakap di Indonesia. Arifin juga tercatat dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya, salah satu penghargaan sipil tertinggi di Indonesia.

Dalam catatan detikcom, Arifin masuk ke dalam Wantimpres pada Desember 2019 yang lalu. Di dunia politik Arifin juga pernah menjadi anggota DPR.



Simak Video "Anggota Wantimpres Arifin Panigoro Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)