Rektor Paramadina Kenang Arifin Panigoro: Aktivis Jadi Pengusaha

Iffa Naila Safira - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 12:15 WIB
Pengusaha nasional Arifin Panigoro
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Pengusaha nasional Arifin Panigoro meninggal dunia kemarin. Kepergian pengusaha yang dijuluki Raja Minyak Indonesia ini menyisakan duka mendalam banyak orang, termasuk Rektor Universitas Paramadina, Didik J Rachbini.

Didik mengatakan, Arifin memiliki latar belakang keluarga perantau yang bermental wirausaha. Tak heran, Arifin Panigoro sukses mengasuh Medco Energy hingga mendunia.

Dikatakan Didik, Arifin sempat berhubungan erat dengan Paramadina. Pada pasca era reformasi, sekelompok aktivis seperti Sudirman Said, Erry Riyana, Arifin dan kawan-kawan mencari sosok pemimpin yang anti korupsi dengan rekam jejak yang jelas.

"Sampai akhirnya, nama Nurcholish Madjid menjadi calon presiden di era reformasi. Nurcholish Madjid sendiri adalah pendiri Universitas Paramadina dan ketua umum yayasan Paramadina," ujar Didik dalam keterangannya, Selasa (1/3/2022).

Arifin juga seorang pendobrak yang tidak suka terhadap status quo. Ia sempat masuk ke dalam politik sebagai anggota DPR 2004-2009 sebagai ketua fraksi PDIP.

Tetapi Arifin tidak puas dengan keadaan partai yang monoton. Sehingga muncul ide baru untuk membentuk partai baru bersama kawan-kawan seperjuangannya, seperti Laksama Sukardi, Mintohardjo, Noviantika Nasoetion, dan lain-lain.

Didik juga mengaku selalu ingat dengan kediaman Arifin di Jalan Jenggala 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kediaman Arifin selalu menjadi tempat berkumpulnya para aktivis, seniman, dan orang-orang yang suka demokrasi dan perubahan.

Kenangan bersama teman-teman dan tokoh aktivis seperti Faisal Basri, Heri Akhmadi, Komarudin Hidayat dan kawan-kawan tidak pernah terlupakan. Banyak sekali perbincangan politik dan keadaan negeri, yang merupakan bentuk akan kepedulian dan kecintaan Arifin terhadap tanah air Indonesia," tuturnya.

Pria kelahiran tahun 1945 ini tutup usia pada 27 Februari 2022, dan dikenal sebagai seorang perantau yang memiliki relasi luas dari semua golongan seperti para aktivis, seniman, politisi dan lain sebagainya.



Simak Video "Anggota Wantimpres Arifin Panigoro Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)