Kisah Inspiratif

Iskander Makhmudov, Miliarder Muslim yang Kendalikan 300 Usaha Tambang Rusia

Tim Detikcom - detikFinance
Kamis, 28 Apr 2022 03:18 WIB
Iskander Makhmudov-
Foto: Iskander Makhmudov-Ist
Jakarta -

Rusia memiliki miliarder muslim yang sangat dermawan. Dia adalah Iskander Makhmudov yang punya segudang kisah yang menginspirasi.

Iskander yang kelahiran Uzbekistan adalah seorang pebisnis dan filantropi. Tapi siapa sangka, dulunya dia seorang penerjemah.

Iskander lulus dari Universitas Negeri Tashkent. Pada tahun 1986, militer Amerika Serikat menjalankan operasi yang disebut El Dorado Canyon di Tripoli, Libya.

Tentara AS kala itu menjatuhkan 60 tin bom dan rudal terhadap fasilitas militer Libya. Selama periode itu, beberapa pejabat Soviet berkantor di Tripoli. Mereka kerap dibangunkan oleh riuhnya suara bom tersebut. Iskander salah satunya. Tapi kala itu, Iskander bertugas sebagai penerjemah Bahasa Arab-Persia.

Iskander juga pernah bekerja dengan sejumlah organisasi militer Soviet di Irak dan Libya. Dia kemudian terjun ke bisnis pertama kalinya dengan bergabung ke Trans World Group, yang pada kala itu adalah trader besi terbesar di Rusia.

Dari catatan Forbes, Iskander kini berharta US$ 6 miliar dolar atau setara Rp 68.,4 triliun. Dia kini punya perusahaan metal sendiri yaitu UGMK, yang mengendalikan 300 perusahaan tambang di Rusia.

Iskander yang dikenal dermawan ini adalah partner salah satu orang terkaya Rusia, Oleg Deripaska.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)