Najwa Shihab hingga Nurhayati Subakat Jadi 'Wanita Terkuat' RI Versi Fortune

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 07:58 WIB
Host, Presenter,
Najwa Shihab/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Fortune Indonesia merilis daftar Most Powerful Women 2022. Ada nama pejabat pemerintahan hingga pengusaha menghiasi daftar yang berisi 20 wanita luar biasa itu.

Para wanita pilihan ini dipandang mampu menjadi sosok yang kuat, bahkan berperan penting untuk melawan isu gender melalui pencapaian dan prestasinya. Tak hanya itu, salah satu penilaiannya juga diambil berdasarkan perannya dalam perekonomian negara.

Ada Najwa Shihab dalam daftar 20 wanita luar biasa. Najwa Shihab masuk ke dalam daftar tersebut sebagai jurnalis dan founder Narasi, yang kini telah berdiri sebagai salah satu media besar di tanah air.

Tidak berhenti sampai di situ, ada pula nama Nurhayati Subakat serta Kartini Muljadi, pebisnis yang berhasil mendirikan perusahaan yang mampu menjadi raksasa dan menjadi pemimpin di sektornya masing-masing.

Peran besar mereka dalam membangun bisnis, memimpin, hingga mampu berkontribusi besar bagi perekonomian negeri menunjukkan mereka layak dinyatakan sebagai representasi wanita 'terkuat' di RI.

Dari sana lah, Most Powerful Women 2022 ini telah menjadi kekuatan untuk membawa perubahan besar yang didambakan dunia bisnis dan seluruh masyarakat yang ada di dalamnya yaitu kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi siapa saja.

"Mereka secara langsung dan tak langsung menjadi perwakilan untuk mewujudkan cita-cita itu karena berada di dalam ring kepemimpinan, yang bisa menentukan arah perubahan," kata Winston Utomo, CEO & Founder IDN Media dalam keterangannya, Selasa (14/6/2022).

Fortune Indonesia menyebutkan ada beberapa indikator dalam menentukan daftar perempuan 'terkuat' versinya ini. Indikator tersebut di antaranya seperti besarnya pengaruh, perubahan, dan dampak yang dihasilkan olehnya bersama perusahaan.

Fortune Indonesia juga menyebutkan arah serta tujuan kepemimpinan yang jelas sebagai salah satu indikator yang dinilai penting. Tidak lupa media tersebut juga menambahkan indikator lainnya seperti performa dari bisnis atau lembaganya, perjalanan karier yang cemerlang, dan lainnya.

Lihat juga video 'Jawaban Menohok Najwa Shihab Ditanya Pilih Jadi Ibu atau Jurnalis':

[Gambas:Video 20detik]



Daftar 20 perempuan di halaman berikutnya.