ADVERTISEMENT

Kisah Inspiratif

Dulu Hidup Nomaden, Oprah Winfrey Kini Berharta Rp 36 Triliun

Ilyas Fadhillah - detikFinance
Senin, 15 Agu 2022 07:30 WIB
SYDNEY, AUSTRALIA - DECEMBER 12:  Oprah Winfrey on stage during her An Evening With Oprah tour on December 12, 2015 in Sydney, Australia.  (Photo by Mark Metcalfe/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mark Metcalfe
Jakarta -

Kekayaan tidak selalu diwariskan. Hal ini dibuktikan langsung oleh Oprah Winfrey, sang ratu talk show yang dibesarkan oleh keluarga kurang berada.

Melansir data Forbes, Senin (15/8/2022), total kekayaan Winfrey saat ini mencapai US$ 2,5 miliar atau Rp 36 triliun (kurs Rp 14.600). Dulu dia dilahirkan dan dibesarkan oleh seorang ibu yang masih remaja di Mississippi, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari CNBC, Winfrey sempat bercerita tentang masa lalunya yang suram. Bahkan rumahnya kesulitan untuk sekadar mendapat akses air mengalir dan juga listrik.

Winfrey sempat berada di posisi yang sangat miskin. Namun kini ia berhasil meraih kesuksesan dan menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Dia pernah hidup 'nomaden' di antara anggota keluarganya sebelum menetap permanen bersama ayahnya di Nashville, Tennesse pada usia 14 tahun. Siapa sangka, kepindahan itu mengubah jalan hidupnya, membuatnya berkembang pesat di sekolah hingga mendapat beasiswa ke Tennesse State University.

Winfrey kembali mengambil risiko dengan memutuskan berhenti kuliah untuk mengejar karier di industri media. Tetapi, pertaruhan itu membuahkan hasil.

Kariernya diawali di bidang penyiaran pada usia 17 tahun di stasiun radio WVOL. Kemudian, dia menjadi pembawa berita wanita kulit hitam pertama sebelum usia 20 tahun, dimulai dengan beberapa show sebagai pembawa berita lokal di Nashville, sebelum mendapatkan posisi pembawa berita di Baltimore.

Winfrey mengaku sempat dilecehkan secara seksual dan dipermalukan di pekerjaannya itu. Dia kemudian dipecat delapan bulan setelah bergabung.

Bukannya panik, Winfrey malah terus berkembang. Dia dipercaya membawakan acara "AM Chicago" dan mengubahnya menjadi acara bincang-bincang lokal nomor satu dalam beberapa bulan. Dalam waktu setahun, acara yang dipandunya itu diubah menjadi The Oprah Winfrey Show.

Berselang setahun, acara talkshow yang dia pandu mendapatkan rating tertinggi dalam sejarah TV. Alhasil dia berhasil memenangkan lusinan Penghargaan Emmy. Talkshow tersebut tercatat telah dilihat sekitar 30 juta pemirsa per minggu di AS dan disiarkan secara internasional di 111 negara.

Di tahun 2000, Winfrey meluncurkan O, The Oprah Magazine bermitra dengan Hearst Magazines, majalah bulanan yang telah menjadi salah satu publikasi gaya hidup wanita teratas saat ini. Kemudian pada 2004 dia meluncurkan O at Home, sebuah majalah desain rumah musiman.

Dia juga membuat situs web dengan total 13 juta pengguna per bulan dan menghasilkan 75 juta tampilan halaman, Oprah.com. Situs web tersebut adalah salah satu situs web gaya hidup wanita teratas.

Sukses sebagai pengusaha, ia tak lupa diri karena pada 1987 dia juga mendirikan The Oprah Winfrey Foundation untuk membantu pendidikan dan pemberdayaan wanita, anak-anak, dan keluarga di AS dan di seluruh dunia. Badan amal tersebut telah memberikan jutaan dolar kepada organisasi di seluruh dunia untuk meningkatkan pendidikan dan perawatan kesehatan.

Pada tahun 1997 ia mendirikan Oprah Angel Network untuk menginspirasi orang-orang untuk mengajak masyarakat berani melakukan hal berbeda. Sejauh ini kelompok itu telah mengumpulkan US$ 80 juta. Dana tersebut terkumpul dari donasi penonton dan beberapa kontributor selebriti.



Simak Video "Moorissa Tjokro: Berpikir Kritis Jadi Keterampilan yang Wajib Diasah"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT