ADVERTISEMENT

Mengenal Helmut Hermawan, Direktur Perusahaan Tambang Nikel di RI

Sponsored - detikFinance
Selasa, 30 Agu 2022 10:32 WIB
Citra Lampia Mandiri
Foto: Dok. Pribadi
Jakarta -

Seorang pengusaha sukses pastinya merintis usahanya dari titik terbawah. Seperti halnya Helmut Hermawan, pria kelahiran Jakarta, 12 April 1977 yang dikenal sebagai pengusaha tambang.

Pria yang akrab disapa Helmut ini pernah mengenyam pendidikan di jurusan Ekonomi dan Bisnis Université Libre de Bruxelles - Ecole de commerce de Solvay (1999-2001), serta di Mercubuana International Programme. Helmut dibesarkan oleh orang tuanya di Brussel, Belgia. Namun, ia akhirnya kembali ke Indonesia pada tahun 2002 silam dan menikahi seorang wanita yang bernama Emilyani.

Sepanjang hidupnya, Helmut tidak pernah menjadi karyawan biasa. Ia selalu mencoba membangun usaha sendiri. Selain pernah membangun pabrik sepatu, Helmut juga pernah menjajal bidang IT.

"Tapi ternyata jalan sukses saya terukir di sektor pertambangan, dimulai dari departemen marketing hingga posisi saat ini," ujar Helmut dalam keterangan tertulis.

Helmut sebelumnya bekerja di pertambangan sebagai manager marketing di PT APMR dan akhirnya menjadi Direktur Utama PT Citra Lampia Mandiri yang berlokasi di Kecamatan Malili, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Saat bekerja, Helmut mengaku memiliki sebuah visi untuk mencapai tujuan yang dicita-citakannya.

"Saya ingin menjadi salah satu pelopor di perusahaan pertambangan yang berfokus pada laju pertumbuhan dengan membangun kompetensi melalui pengembangan karyawan, pemberdayaan masyarakat lokal, serta berkomitmen dalam menjaga lingkungan," tuturnya.

Helmut juga mengungkapkan misi untuk dapat memajukan perusahaan.

"Jadilah manusia yang memiliki sumber daya yang berkualitas, menerapkan prinsip Good Mining Practice dalam pertambangan, berani berinvestasi dan ikut berpartisipasi dalam industri pertambangan. Mampu meningkatkan integrasi rantai pasokan nikel untuk memastikan keandalan dan efisiensi dan jangan lupa, harus bisa membangun hubungan yang kuat dengan rekan bisnis dan mengedepankan keterlibatan sekitar area tambang," paparnya.

Seperti yang diketahui banyak orang, industri pertambangan memiliki proses yang sangat kompleks. Salah satu tantangan terbesarnya adalah menguatkan mental dan terus konsisten dengan nilai bisnis dalam menerapkan Good Mining Practice secara menyeluruh serta mengutamakan pemberdayaan dan potensi lokal.

Fokus Usaha Pertambangan

Sebagai Dirut PT Citra Lampia Mandiri, Helmut berhasil mengembangkan metode-metode terbaik dalam meningkatkan kualitas hasil tambang nikel. Ia juga berkomitmen dalam menjaga etika pertambangan dengan tetap melestarikan lingkungan dan berkontribusi di berbagai sektor kebutuhan masyarakat sekitar tambang.

"Untuk sukses di dunia pertambangan bisa dibilang membutuhkan waktu yang cukup lama terlebih untuk sebuah industri besar seperti pertambangan. Hanya saja pencapaian sekarang ini merupakan tahap awal menuju kesuksesan, masih banyak sekali rencana ke depannya yang ingin diraih," ungkapnya.

Saat ini, PT Citra Lampia Mandiri mulai berkolaborasi dengan PT Indo Nikel Industri (PT. INI) dalam pembangunan smelter di dekat wilayah tambang. Hal ini tentunya akan meningkatkan kualitas produk dari bahan mentah menjadi produk setengah jadi, sehingga dapat meningkatkan kualitas ekspor nikel Indonesia.

Kolaborasi tersebut juga selaras dengan program pemerintah dalam memaksimalkan ekspor hasil tambang nikel dengan kualitas terbaik hingga akhirnya mencapai tujuan untuk mengembangkan serta memajukan pendapatan masyarakat sekitar.
Untuk itu, Helmut terus menerapkan kiat suksesnya, yakni terus berikhtiar, amanah dan berbagi baik secara pribadi individu maupun melalui program-program perusahaan.

"Selama kita menjadi sumber daya manusia yang baik saya yakin hasilnya pun akan baik," pungkasnya.

(Content Promotion/Citra Lampia Mandiri)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT