ADVERTISEMENT

Sosok Dirut Japfa Indonesia Handojo Santosa yang Meninggal Dunia

Almadinah Putri Brilian - detikFinance
Senin, 26 Sep 2022 11:42 WIB
Dirut Japfa Handojo Santosa/
Foto: Dirut Japfa Handojo Santosa/Ist Via CNBC Indonesia
Jakarta -

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk mengumumkan bahwa Direktur Utama Japfa Comfeed Indonesia, Handojo Santosa meninggal dunia pada Minggu (25/9/2022).

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk, Maya Pradjono. Namun, dalam pernyataan resminya tidak dijelaskan penyebab meninggalnya Handojo Santosa.

Dilansir dari laman resmi japfacomfeed, Handojo Santosa merupakan warga negara Siprus, usia 57 tahun, berdomisili di Singapura. Ia telah lama bergabung di Japfa yakni sejak 1986.

Pada saat itu dia masuk di Divisi Minyak Nabati di Tanjung Perak, Surabaya, di mana bertanggung jawab atas kegiatan operasional harian di divisi tersebut.

Dari tahun 1989 sampai 1997, Handojo menjabat sebagai Wakil Presiden Direktur Perseroan. Kemudian pada 1997, diangkat sebagai Direktur Utama Perseroan, berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan. Ia bertanggung jawab memimpin seluruh kegiatan strategis dan operasional Perseroan.

Mengutip dari laman Forbes, Senin (26/9/2022), Handojo Santosa merupakan pemilik mayoritas Japfa yang terdaftar di Singapura, yang secara tidak langsung menjalankan bisnis makanan.

Pada tahun 2014, Handojo mencatatkan saham Japfa di Singapura dan menjadikan Japfa Comfeed di Indonesia sebagai anak perusahaan. Lalu pada Juli 2020, Japfa menjual 25% saham pada produk susu China AustAsia Investments senilai US$ 254 juta kepada raksasa susu Jepang, Meiji.

Handojo Santosa tercatat sebagai orang terkaya ke-38 di Indonesia pada tahun 2020. Per 12 September 2020, ia memiliki harta kekayaan senilai US$ 735 juta atau sekitar Rp 11 triliun (kurs Rp 15.077).

Simak juga Video: Pangeran William Kenang Kepedulian Ratu Elizabeth II Terhadap Lingkungan

[Gambas:Video 20detik]




(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT