ADVERTISEMENT

Dirut PLN Terpilih Sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 29 Sep 2022 22:04 WIB
Dirut PLN Darmawan Prasodjo
Foto: Iswahyudi / 20detik): Dirut PLN Darmawan Prasodjo
Jakarta -

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo didapuk sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional. Ia terpilih karena perannya memimpin transformasi PLN dan menopang pemulihan ekonomi Indonesia pasca-pandemi COVID-19.

Sejak 2,5 tahun lalu, PLN berupaya membangun fondasi, dan menjalankan program transformasi termasuk digitalisasi. Mulai dari digitalisasi pembangkit, digitalisasi transmisi dan distribusi, digitalisasi sistem keuangan, sistem pengadaan, sistem pembayaran, sampai digitalisasi sistem pelayanan pelanggan.

Kini, proses pelayanan listrik di PLN menjadi cepat dan prosesnya termonitor secara real time. Sistem keuangan dan sistem pengadaan menjadi lebih efisien. Sistem operasional kelistrikan menjadi lebih andal. Ini adalah perubahan cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN tengah melakukan transformasi demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Melalui aplikasi PLN Mobile, PLN membangun ekosistem pelayanan terintegrasi yang menyambungkan pelanggan, petugas di lapangan, dan kantor PLN.

"Dalam transformasi ini ada program digitalisasi. Sehingga proses pelayanan listrik di PLN menjadi cepat dan prosesnya termonitor secara real time. Ini adalah perubahan cara pikir, cara kerja, dan proses bisnis," ujar Darmawan dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Sebelumnya PLN juga mendapat sertifikat INDI 4.0 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin). PLN menjadi salah satu penerima sertifikat dengan poin tertinggi dengan skor 3.5.

"Target 3.5 ini sebenarnya dicanangkan oleh Kementerian BUMN untuk tahun 2024. Tapi kami berhasil mencapainya tahun ini. Hal ini karena kami melakukan digitalisasi secara end to end. Mulai dari energi primer, pembangkit, transmisi, distribusi, retail, sampai beyond kWh," jelas Darmawan.

Ia pun menyambut baik penghargaan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional.

"Terima kasih atas penghargaan yang luar biasa ini. Kami tidak mengira akan mendapatkan penghargaan seperti ini. Di balik transformasi Digital PLN ada perjuangan dari seluruh tim PLN. Kami berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan dan terus bersinergi untuk Indonesia tumbuh yang lebih kuat," tutur Darmawan.

Sementara itu, Direktur Utama Rakyat Merdeka Kiki Iswara menjelaskan anugerah ini adalah bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh yang berjibaku menghadapi masa-masa sulit dan krisis global akibat COVID-19.

Usaha dan inovasi beberapa tokoh bersama masyarakat terbukti berkontribusi dalam menjaga perekonomian nasional, termasuk yang dilakukan Darmawan Prasodjo yang dinilai sukses melakukan transformasi digital kelistrikan nasional.

Klik halaman selanjutnya >>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT