Ini Profil Tuhiyat, Dirut Baru PT MRT Jakarta

ADVERTISEMENT

Ini Profil Tuhiyat, Dirut Baru PT MRT Jakarta

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Rabu, 26 Okt 2022 16:22 WIB
Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi MRT Jakarta, Tuhiyat.
Direktur Utama MRT Jakarta Tuhiyat/Foto: Johanes Randy
Jakarta -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merombak jajaran direksi hingga komisaris PT MRT Jakarta, salah satunya yaitu posisi direktur utama.

Jabatan yang semula diduduki oleh M Apriandy itu kini digantikan oleh Tuhiyat, yang sebelumnya menjabat Direktur Utama PT MITJ . Lantas, siapakah sosok Tuhiyat ini?

Tuhiyat merupakan Direktur Utama PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), perusahaan patungan antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT KAI (Persero) yang resmi berdiri pada tanggal 12 Februari 2020. Sejak saat itulah, Tuhiyat menduduki posisi tersebut.

Sedikit mundur ke belakang, Tuhiyat memiliki segudang pengalaman di bidang keuangan dan sektor transportasi sebelum menduduki posisi Dirut MITJ.

Dilansir melalui laman Linkedin miliknya, Rabu (25/10/2022), Tuhiyat mengawali kariernya di tahun 1989 sebagai Kasi Pemeriksaan Khusus / Investigasi di badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) hingga tahun 2001.

Selanjutnya, di tahun 2001-2013, ia menduduki posisi sebagai Senior Management Treasury, Tax, and Insurance di PT Antam Tbk. Jabatan ini berlangsung selama 12 tahun, yang terlama sepanjang karir Tuhiyat.

Lalu pada tahun 2013-2020, atau tepat sebelum menjadi Dirut MTIJ, ia menjabat sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Korporasi PT MRT Jakarta (Perseroda). Amanah itu ia emban selama kurang lebih 7 tahun.

Barulah di tahun 2020 hingga saat ini, ia menjalankan peran sebagai Direktur Utama PT MITJ. Dan baru jalan hampir 3 tahun, kini Tuhiyat ditarik kembali ke PT MRT, kali ini sebagai Direktur Utama, sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta.



Simak Video "Luncurkan TBM MRT Jakarta Fase 2A, Jokowi: Transportasi Modern Harus Lanjut"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT