Sri Mulyani hingga Eks Istri Orang Terkaya Dunia Masuk Daftar 'Wanita Terkuat'

ADVERTISEMENT

Sri Mulyani hingga Eks Istri Orang Terkaya Dunia Masuk Daftar 'Wanita Terkuat'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Des 2022 17:22 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Forbes baru saja merilis daftar wanita paling berpengaruh dunia 'The World's 100 Most Powerful Women' 2022. Dua srikandi asal Indonesia masuk daftar tersebut.

Dikutip dari Forbes, Kamis (8/12/2022), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masuk dalam daftar wanita 'terkuat' di dunia. Ia berada di urutan ke-47. Kemudian, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati berada di urutan ke-49.

Dalam keterangannya, Forbes menyatakan, ada empat indikator utama dalam penentuan daftar tersebut, yakni uang, media, dampak, dan pengaruhnya untuk lingkungan.

Untuk para pemimpin politik, Forbes menimbang produk domestik bruto (PDB) dan populasi. Sementara, untuk para pemimpin perusahaan menimbang pendapatan dan jumlah karyawan.

Selain Sri Mulyani dan Nicke Widyawati, sejumlah nama besar ada di dalam daftar tersebut. Untuk peringkat teratas ada Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. Kemudian disusul Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde di urutan ke-2 dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris di urutan ke-3.

Mantan istri orang terkaya dunia, Bill Gates yakni Melinda French Gates juga masuk dalam daftar. Ia berada di posisi ke-6 dan tercatat sebagai filantropi.

Tak cuma dari kalangan pemerintah hingga kalangan pebinis, daftar ini juga memuat wanita paling berpengaruh dunia yang berasal dari media dan hiburan. Sebut saja, Oprah Winfrey yang berada di posisi ke-24, Rihanna ke-73, Taylor Swift ke-79 dan Beyonce Knowles ke-80.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT