Rekam Jejak Thamrin Sihite, Mantan Dirjen Minerba yang Tutup Usia

ADVERTISEMENT

Rekam Jejak Thamrin Sihite, Mantan Dirjen Minerba yang Tutup Usia

Shafira Cendra Arini - detikFinance
Kamis, 15 Des 2022 17:30 WIB
kementerian esdm logo
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Thamrin Sihite meninggal dunia. Ia menduduki jabatannya pada periode 2011-2013.

Informasi ini didapatkan detikcom dari sebuah sumber di Kementerian ESDM melalui pesan singkat. Thamrin meninggal dunia pada pukul 14.50 WIB di RS Medistra, Jakarta Selatan. Esok hari, jenazah baru akan diterbangkan ke Dolok Sanggul, Sumatera Utara untuk dimakamkan.

Thamrin menjabat sebagai Dirjen Minerba pada 2011-2013, dalam era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Kabinet Indonesia Bersatu II. Dikutip dari laman resmi Kementerian ESDM, Kamis (15/12/2022), ia telah berkarier di Kementerian ESDM selama 35 tahun.

Pada 2005, Thamrin diangkat sebagai Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama, Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM. Kemudian pada Juli 2007, Thamrin dilantik menjadi Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan dan Kelembagaan.

Tercatat pula, pada 2008, Thamrin sudah menduduki posisi sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) ESDM. Dan barulah pada Mei 2011, ia dilantik sebagai Dirjen Minerba, menggantikan Bambang Setiawan yang pensiun sejak 1 April 2011.

Thamrin melepas jabatannya setelah hampir tiga tahun menjabat, yakni pada akhir 2013, karena memasuki masa purna bakti. Ia menyerahkan posisinya itu kepada R. Sukhyar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT