Pak Ogah Meninggal, Begini Perjalanan Kariernya yang Beken Lewat Si Unyil

ADVERTISEMENT

Pak Ogah Meninggal, Begini Perjalanan Kariernya yang Beken Lewat Si Unyil

Tim detikcom - detikFinance
Rabu, 28 Des 2022 21:52 WIB
pak ogah
Foto: berbuatbaik.id
Jakarta -

Kabar duka bagi dunia seni Indonesia. Abdul Hamid atau dikenal dengan Pak Ogah meninggal dunia malam ini, Rabu (28/12/2022).

Dalam perjalanan kariernya, Abdul Hamid memegang peran sentral sebagai Pak Ogah dalam film boneka Si Unyil. Sosok ini dikenal sebagai karakter yang kerap meminta uang cepek atau Rp 100, dengan kalimatnya 'cepek dulu dong'

Namun sebelum menjadi pengisi suara Pak Ogah, Abdul Hamid memulai kariernya sebagai kru dan bekerja di belakang layar. Hal ini diungkapkan Yuyun Widayanti, istri dari Abdul Hamid.

"Awalnya masuk dunia seni, dia (Abdul Hamid) tidak langsung masuk ke seni. Tapi dia bantu mungkin jadi tukang, kru-kru film layar lebar," kata yuyun, dikutip dari detiknews, Rabu (28/12/2022).

Selain menjadi pak Ogah, Abdul Hamid sempat mengisi suara sebagai penjahat, dan mengisi suara Engkong Meilani di serial Si Unyil. Pak Raden yang memperhatikan sosok Abdul, akhirnya melukis tokoh Pak Ogah yang sangat mirip dengan wujud Abdul Hamid.

"Dilukislah sama Pak Raden kepalanya Pak Ogah. Makanya kepalanya agak ke belakang, jadi mirip. Dari situ, lahirlah tokoh Pak Ogah," ujar Yuyun.

Abdul Hamid mengakui dari sekian banyak tokoh yang sempat digeluti sebagai pengisi suara di film Si Unyil, karakter Pak Ogah lah yang membuat dia terkenal. Terbukti, di kehidupan nyata pun ia kerap dipanggil dengan sebutan Pak Ogah.

"Dulunya banyak, jadi Pak Engkong, jadi Pak Ogah, jadi penjahat. Tapi dari sekian banyak panggilan, jadinya dipanggil 1 nama, "Pak Ogah"," ujar Abdul Hamid.

Serial Si Unyil merupakan serial televisi Indonesia produksi PPFN yang mengudara pertama kali tahun 1981 di TVRI. Serial ini sempat tayang di beberapa stasiun TV, terakhir adalah Trans7.

Meski demikian karakter Pak Ogah dalam Si Unyil tetap diisi oleh Abdul Hamid.

Kabar meninggalnya Abdul Hamid disampaikan melalui pesan berantai yang diterima detikcom.

"BERITA DUKA CITA
Inna Lillahi Wa Inna Illaihi Raajiuun....
Kami atas nama Pengurus dan Warga Villa Jatirasa RW 011, Turut Berduka Cita yang Mendalam atas Meninggalnya Bapak :
ABDUL HAMID ( Pak OGAH ) BIN POERJONO
Pada hari ini RABU, Tgl 28 Des 2022 / Pukul : 19.30 WIB.
Allahumaghfirlahu Warhamhu Wa'afihi Wa'fuanhu," tulis keterangan pesan berantai itu.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT