Sosok Haji Isam yang Bukan Orang Sembarangan, Pernah 'Dipuji' Jokowi

ADVERTISEMENT

Sosok Haji Isam yang Bukan Orang Sembarangan, Pernah 'Dipuji' Jokowi

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 11 Jan 2023 14:32 WIB
Pabrik biodiesel milik pengusaha asal Kalimantan Selatan Haji Isam baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Jokowi saat meresmikan pabrik milik Haji Isam/Foto: Pool/Biro Setpres/Muchlis Jr
Jakarta -

Nama Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam sudah tak asing lagi di kalangan pengusaha. Haji Isam suka disebut-sebut sebagai crazy rich Kalimantan Selatan karena punya harta kekayaan yang melimpah.

Namun siapa sangka, orang kaya itu pernah menjadi sopir truk di masa lalunya. Pria kelahiran 1 Januari 1977 ini pernah menjadi seorang sopir. Ia mengawali bisnisnya dari nol dengan menjadi pekerja perkayuan, tukang tebang, hingga sopir angkutan.

Dia lalu mendapat jalan ke dunia pertambangan lewat seorang pengusaha Tionghoa-Surabaya. Dari situ, Haji Isam berani membuka usahanya sendiri.

Dalam catatan detikcom, Haji Isam diketahui memiliki perusahaan Jhonlin Group yang bergerak di berbagai macam industri, salah satu yang besar adalah pertambangan. Perusahaannya berbasis di Batu Licin Kalimantan Selatan.

Tidak ada sumber terbuka yang menyebutkan total kekayaan milik Haji Isam. Hanya saja sebelumnya, Haji Isam pernah dikabarkan memiliki penghasilan per bulan mencapai Rp 40 miliar.

Untuk usahanya, selain bisnis pertambangan Haji Isam juga disebut memiliki usaha lain yang masih di bawah naungan Jhonlin Group. Dari penelusuran detikcom, usahanya ada yang bergerak di sektor media, penyewaan jet pribadi, properti, dan lain sebagainya. Bahkan, perusahaannya ini juga memiliki sebuah tim mobil balap bernama Jhonlin Racing Team.

Bukan cuma itu, bahkan pabrik biodieselnya diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2021 lalu. Pabriknya terletak di Kalimantan dan dikelola PT Jhonlin Agro Raya (JAR) anak usaha Jhonlin Group. Pabrik ini menelan investasi sebesar Rp 2 triliun dan memiliki kapasitas 1.500 ton per hari.

Kala itu, Jokowi mengapresiasi inisiatif PT Jhonlin Group yang membangun pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan milik Haji Isam tersebut. Dia mengatakan inisiatif melakukan hilirisasi komoditas mentah harus didorong. Termasuk pada komoditas sawit alias CPO, dia meminta perusahaan lainnya mengikuti langkah PT Jhonlin untuk melakukan hilirisasi.

"Saya harap ada perusahaan lain mulai hilirisasikan dan industrialisasikan CPO. Entah jadi minyak goreng, kosmetik, atau jadi barang setengah jadi dan barang jadi lainnya. Saya hargai yang dilakukan PT Jhonlin Group yang mengubah CPO jadi Biodiesel 30. Ini berikan nilai tambah besar," ujar Jokowi saat meresmikan pabrik milik Haji Isam.

Lihat juga video 'Respons KPK Kala Haji Isam Laporkan Saksi Kasus Suap ke Bareskrim Polri':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT