Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Sep 2019 15:00 WIB

Catat Nih, Tips Bikin CV Auto Dipanggil HRD

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Curriculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup merupakan dokumen yang wajib disertakan saat melamar pekerjaan. Melalui CV, para HRD melakukan penyaringan pertama untuk memanggil si pelamar kerja.

Membuat CV menjadi sangat kritikal. Sebab CV menjadi tahapan pertama lolos atau tidaknya pelamar kerja. Oleh karena itu membuat CV tidak bisa sembarangan.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan memberikan tips untuk membuat CV bagi para fresh graduate agar CV-nya bisa dilirik oleh HRD.


Pertama pastikan CV tertera kompetensi yang dimiliki kandidat. Misalnya kemampuan dalam menyelesaikan masalah.

"Boleh dicantumkan keberhasilan atau achievement selama kuliah dan belajar termasuk non pendidikan misal dari hobi," tuturnya kepada detikcom, Minggu (29/9/2019).

Kedua, cantumkan daftar pengalaman berorganisasi atau pernah melakukan kegiatan yang mendukung pengembangan diri dan karir.

Ketiga, tulis bukan hanya posisi yang diminati, tapi juga jelaskan rencana karir yang mau dicapai melalui posisi yang dilamar. Misalnya menjelaskan kontribusi positif apa yang bisa diberikan kepada perusahaan.


"Bila 3 hal di atas jelas dan clear bagi calon perusahaannya, biasanya di atas kertas 60% kandidat sudah di shortlist dari lainnya," tambahnya.

Pastikan juga cantumkan ijazah dan nilai pendidikan terakhir seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Menurut Audi, dengan melengkapi 3 hal itu, dia yakin CV pelamar akan masuk dalam daftar panggilan para HRD.


Catat Nih, Tips Bikin CV Auto Dipanggil HRD


Simak Video "Job Seeker Nggak Mau Ketipu? Perhatikan Ciri Lowongan Kerja Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com