Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 29 Sep 2019 17:30 WIB

Catat Nih, Dokumen yang Wajib Disertakan Para Pelamar Kerja

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Dalam melamar kerja menyampaikan dokumen-dokumen merupakan tahapan yang cukup menentukan. Kelengkapan dokumen bisa menjadi penentu untuk lolos tidaknya pelamar ke tahap selanjutnya.

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan menjelaskan, kelengkapan dokumen pelamar berbeda antara yang baru lulus (fresh graduate) maupun yang sudah memiliki pengalamar kerja.

"Standarnya CV dilengkapi dengan surat dokumen sertifikat dan ijazah pelengkap calon kandidat," ujarnya kepada detikcom, Minggu (29/9/2019).


Ada beberapa dokumen yang seharusnya disertakan untuk melengkapi CV dan surat lamaran. Misalnya surat sehat dari dokter, pas foto, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), hingga ijazah dan transkrip nilai juga harus disertakan.

"Untuk ijazah tidak perlu sampai SD dan SMP," tambahnya.


Sementara jika pelamar sebelumnya sudah pernah bekerja atau berpengalaman, baiknya sertakan juga surat keterangan kerja dari tempat bekerja sebelumnya. Kelengkapan dokumen cukup penting bagi HRD untuk menyortir pelamar yang masuk.

Dokumen-dokumen itu sebelum dikirim harus dirapikan terlebih dahulu penyusunannya. Gunakan paper clip agar dokumen-dokumen itu tidak berantakan dan memudahkan HRD yang menerimanya.

Simak Video "Job Seeker Nggak Mau Ketipu? Perhatikan Ciri Lowongan Kerja Palsu"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com