Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 09 Jan 2020 18:27 WIB

Skill Apa yang Harus Ditulis di CV Saat Melamar Kerja?

Soraya Novika - detikFinance
Skill Apa yang Harus Ditulis di CV Saat Melamar Kerja? Foto: Thinkstock Skill Apa yang Harus Ditulis di CV Saat Melamar Kerja? Foto: Thinkstock
Jakarta - Daftar riwayat hidup (Curriculum Vitae/CV) lamaran kerja menjadi penentu pertama bagi keberhasilan seorang pelamar menembus perusahaan yang diinginkannya. Maka dari iru, membuat sebuah CV lamaran kerja tentu bukanlah perkara yang mudah.

Sebab, pada tahap ini pelamar wajib paham betul dengan kemampuan dan pengalaman dirinya sendiri sekaligus mampu menempatkannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang dilamar.

CV lamaran kerja yang mampu menampilkan kedua hal itu adalah CV yang menarik bagi para perekrut dan tentunya akan memudahkan pelamar melewati tahapan lamaran kerja lainnya.

Dilansir dari CNN, Kamis (9/1/2020), berikut tips agar CV lamaran kerja kamu menarik di mata perusahaan yang dilamar:

1. Tentukan Keahlian Apa yang Mau Kamu Tonjolkan!
Cara efektif untuk menyesuaikan CV kamu dengan peran tertentu yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan yang kamu lamar adalah dengan meletakkan keahlian atau keterampilan apa yang ingin kamu tonjolkan pada urutan teratas di CV lamaran kerjamu.

Lalu, cari tahu lebih banyak terkait peran apa yang sedang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut. Cocokkan dengan keahlian yang kamu miliki, namun hindari data yang mengada-ada atau berbohong.

2. Pertahankan Keseimbangan antara Hard Skill dan Soft Skill
Pastikan kamu menguasai hard skill sekaligus soft skill. Soft skill itu berupa perilaku dan kepribadian kamu sehari-hari, kemampuan memecahkan masalah dan bekerja sama dalam tim. Sedangkan, hard skill cenderung spesifik pada kemampuan-kemampuan teknis seperti pemrograman komputer.

Kedua kemampuan itu penting, sebab sebuah perusahaan hanya ingin merekrut mereka yang mampu beradaptasi dengan budaya kerja di perusahaan tersebut.

3. Cantumkan Keahlian Disertai Bukti Pengalaman
Jangan hanya mengirim CV lamaran kerja dengan daftar keterampilan dan jabatan tanpa ada bukti nyata. Saat, kamu menggambarkan peran di perusahaan sebelumnya, sertakan pula dengan pencapaian yang relevan.

4. Asah Kemampuan Lainnya
Jangan berkecil hati jika kamu memiliki kekurangan di sebuah bidang tertentu. Justru di situlah kunci utama untuk membuat perektrut memanggilmu. Buatlah kekurangan tersebut menjadi kelebihanmu.

Misal, jika kamu melamar suatu posisi di rumah sakit, cobalah untuk mengikuti kelas-kelas pelatihan tertentu yang bersangkutan dengan peran yang ditawarkan di rumah sakit itu. Lalu, tulis pengalaman tersebut dalam CV lamaran kerjamu.



Simak Video "Blak-blakan Edhy Prabowo: Saya Akan Buat Jokowi Bangga"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com