Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Mei 2020 18:35 WIB

Tips Jaga Motivasi Biar Nggak Kendor Meski WFH

Aulia Damayanti - detikFinance
Caucasian girl working on computer laptop


***These are our own 3D generic designs. They do not infringe on any copyrighted designs.*** Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel
Jakarta -

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) menyulitkan beberapa orang untuk mempertahankan produktivitas. Dalam membangun produktivitas, elemen penting yang harus dibangun yakni motivasi diri selama bekerja.

Motivasi dapat merubah sifat kerja seseorang, dari cara kerja, tanggung jawab dalam bekerja, dan melakukan pekerjaan lainnya. Dikutip dari CNBC.com, Kamis (14/5/2020), para ahli memberikan tips membangun dan mengendalikan motivasi dalam bekerja selama WFH

Luangkan waktu untuk diri sendiri (Me Time)

Profesor Manajemen Monique Valcour merekomendasikan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk diri sendiri. Rencanakan langkah-langkah kecil untuk diri sendiri.

Jika memiliki proyek atau pekerjaan jangka panjang, bisa dipecah timeline bekerjanya agar Anda senantiasa miliki waktu luang untuk diri sendiri. Setidaknya luangkan waktu 30 menit untuk "me time" di pagi hari guna memproses dan menumbuhkan motivasi diri.


Cari Pekerjaan yang Anda Sukai

Menetapkan daftar tugas yang Anda sukai dapat menjadi energi baru dan motivasi diri selama bekerja.

Diskusi dengan atasan Anda untuk menegosiasi pekerjaan yang dapat meningkatkan nilai di diri Anda dan perusahaan. Hal tersebut dapat membantu Anda memaknai dan menghargai pekerjaan dengan baik.

Evaluasi Pekerjaan Setiap Hari

Periksa daftar pekerjaan setiap hari, evaluasi pekerjaan dari hal-hal yang sudah dikerjakan dan masih berjalan. Kenali pekerjaan sebagai pengingat atas apa yang sudah tercapai.

Bangun Komunikasi Dengan Atasan

Para ahli sepakat bahwa bersikap jujur dengan bos Anda adalah hal yang penting. Diskusikan apa yang menurut Anda penting dalam membantu dan membangun pekerjaan dan gagasan dari bos Anda.

Selain itu, tawarkan diri Anda dalam berkontribusi lebih ke perusahaan. Hal ini dapat membantu Anda menuai cara-cara baru yang potensial untuk membangun motivasi diri Anda dan juga membangun perusahaaan.

Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Bekerja dari jarak jauh juga dapat berdampak buruk secara fisik, yang dapat mempengaruhi suasana hati dan motivasi Anda untuk melakukan sesuatu yang produktif.

Sebisa mungkin, cobalah untuk mempertahankan ruang kerja yang terpisah dari aktivitas lain. Sehingga membantu Anda meluangkan waktu di luar ruang kerja.

Untuk menghindari rasa sakit pasca bekerja, atur postur tubuh untuk mengurangi rasa sakit di punggung, leher, atau bahu.

Misalnya, Anda bisa memulai hari di meja dapur, lalu beralih ke posisi berdiri atau duduk di sofa empuk. Beristirahatlah untuk meregangkan tubuh, jauhkan mata Anda dari layar.


Berlatih Perhatian Pada Diri Sendiri

Jika memiliki waktu libur bekerja, manfaatkan sebaik mungkin. Berlatihlah secara realistis untuk berlibur dengan terlepas dari pekerjaan. Hal ini berguna mengontrol perasaan diri sendiri.

Misalnya ketika merasa stres, coba tanggapi perasaan stres tersebut dengan sikap proaktif dengan cara yang lebih sehat, seperti membaca, berolahraga, menonton TV, makan dengan sehat, dan bermain games.



Simak Video "Tips Google Supaya Kerja dari Rumah Selama Pandemi Bisa Efektif!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com