Katakan Tidak Buat Nganggur! Jadi Freelancer Bisa Juga Lho

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 19 Jun 2020 06:15 WIB
Ilustrasi Pekerja Freelancer
Ilustrasi/Foto: Pixabay
Jakarta -

Pandemi Corona telah memukul sendi-sendi ekonomi. Dampaknya, banyak orang dirumahkan atau bahkan kehilangan pekerjaannya karena di-PHK.

Mereka yang kehilangan pekerjaan juga sulit mencari yang sumber penghasilan yang baru karena pengusaha juga sedang mengetatkan ikat pinggangnya.

Namun tak perlu lama-lama larut dalam kesedihan karena selalu ada peluang di balik kesulitan. Meski sulit mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang pasti setiap bulannya, tak ada salahnya mencoba menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Selain bisa dicoba oleh mereka yang tengah mencari pekerjaan, kesempatan ini juga bisa dimanfaatkan bagi Anda yang ingin mencari pendapatan tambahan.

Perencana keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho mengatakan, dalam kondisi seperti sekarang yang terpenting adalah segera mencari penghasilan, khususnya untuk bertahan hidup.

"Buat temen-temen yang mungkin kena PHK, dirumahkan terutama yang kena PHK atau bisnisnya harus shutdown, ya memang mau nggak mau harus segera cari penghasilan lainnya untuk bisa bertahan hidup poinnya di situ," katanya kepada detikcom, Kamis (18/6/2020).

Ia pun bercerita, ada rekannya yang bekerja di sektor pariwisata. Rekannya tersebut penghasilannya menyusut dan mencari pekerjaan lain.

Ada juga temannya yang kini banting setir jualan cemilan. Menurutnya, terpenting saat ini ialah bertahan hidup terlebih dahulu.

"Yang penting buat mereka ada penghasilan dulu menggantikan yang tiba-tiba terputus tadi," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Erick Thohir Prediksi Ekonomi RI Pulih 100 Persen Pada Kuartal I 2022"
[Gambas:Video 20detik]