8 Tipe Wawancara Kerja yang Wajib Kamu Tahu

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Minggu, 05 Jul 2020 19:30 WIB
wawancara kerja
Foto: Fuad Hasim/Tim Infografis
Jakarta -

Wawancara kerja menjadi sebuah tahap khusus bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan impian.

Ada banyak cara yang dilakukan pencari kerja dalam menaklukkan wawancara kerja, mulai dari mempelajari budaya perusahaan, bisnis hingga mempelajari pertanyaan yang biasa dilontarkan oleh rekruiter.

Dikutip dari Jobstreet, berikut 8 tipe wawancara kerja:

1. Wawancara Tradisional (One-on-One)

Tipe wawancara ini sering sekali digunakan dan Anda pasti familiar dengan wawancara tipe ini. Perwakilan perusahaan, biasanya HRD dan user (pengguna) akan bekerjasama untuk membuat pertanyaan untuk sesi tanya jawab untuk mengetahui apakah Anda kandidat yang mereka cari.

Contoh pertanyaan yang sering digunakan:

"Ceritakan mengenai diri Anda."

"Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?"

Tips wawancara:

Lakukan latihan wawancara kerja dengan teman yang bisa Anda percaya untuk membantu. Tanya pendapat teman mengenai jawaban yang Anda lontarkan dan analisa jawaban tersebut. Hal tersebut akan sangat membantu.

2. Wawancara Kelompok

Tidak seperti tipe wawancara yang pertama, tipe satu ini Anda tidak hanya akan bertemu dengan HRD saja, tapi dengan beberapa kandidat lain yang melamar untuk posisi yang sama dengan Anda. Ini adalah taktik yang digunakan oleh perusahaan saat mereka membutuhkan karyawan untuk sebuah posisi dengan jumlah yang banyak. Tipe ini membuat perusahaan melihat kelebihan masing-masing dari kandidat dan bagaimana para kandidat ini bekerja dalam grup.

Contoh pertanyaan yang sering digunakan:

"Apa yang membuat Anda berbeda dari kandidat yang lain?"

"Kira-kira apa posisi yang cocok untuk Anda saat berada dalam kelompok ini?"

Tips wawancara:

Tunjukkan bahwa Anda adalah team player dan menjadi kandidat yang aktif terhadap seluruh pertanyaan yang dilontarkan untuk grup karena semua itu adalah bagian dari tes. Anda akan melihat bagaimana Anda memecahkan sebuah masalah saat bekerja dalam tim, jadi jangan berdiam diri, tunjukkan pada mereka apa yang Anda miliki.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tips Foto Agar Perut Tak Kelihatan Buncit"
[Gambas:Video 20detik]