Tips Wawancara Kerja buat Jadi Bankir!

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 13 Jun 2021 20:58 WIB
Petugas bank alias teller cantik melayani penukaran uang baru di Monas. Ini penampakannya.
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Dalam sepekan ini terdapat beberapa lowongan kerja di bank yakni Bank Indonesia (BI), PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Tbk, dan PT Bank Mandiri Tbk. Jika sudah melamar dan dipanggil wawancara, bagaimana tipsnya?

Chairman Asosiasi Praktisi dan Profesional SDM Future HR, Audi Lumbantoruan mengatakan untuk wawancara kerja yang tugasnya berhubungan dengan pelanggan seperti jadi bankir harus memperhatikan penampilan agar selalu terlihat rapi.

"Pastikan persiapan fisik kita ready. Artinya jangan kelelahan, ngantuk, itu mempengaruhi. Stamina itu penting apalagi di jaman sekarang yang lagi banyak pandemi ini kan kita nggak tahu waktu itu gimana, kita kerja terus segala macam," kata Audi kepada detikcom, Minggu (13/6/2021).

Sebelum datang ke wawancara kerja, pastikan kamu sudah tahu betul posisi yang dilamar dan apa saja jenis pekerjaan yang dibuka dalam lowongan kerja. Pasalnya itu akan sangat menentukan pertanyaan.

Lalu persiapkan dengan matang apa yang kira-kira mau dibicarakan, dengan mempersiapkan sekitar 10 pertanyaan basic seperti hobi, alasan melamar di tempat tersebut, hingga apa yang akan dilakukan ke depannya jika diberi kesempatan untuk bekerja.

"Katakanlah seminggu pertama mau ngapain, sebulan pertama mau ngapain, tiga bulan pertama mau ngapain, tentu pasti ada rencana dari perekrutnya. Paling nggak sudah punya mind set apa yang mau dilakukan," jelasnya.

Contoh misalnya melamar jadi customer service (CS) di bank, biasanya pertanyaan seputar pengalaman selama bekerja di bidang tersebut dan bagaimana cara menyelesaikan masalah komplain pelanggan. Tips dalam menjawabnya harus fokus, jelaskan prosesnya dengan jelas dan lengkap tanpa berbelit.

"Kalau CS biasanya nanya kan soal bagaimana menangani komplain pelanggan? Nah tips menjawabnya bisa dibantu dengan menjawab apa yang bisa membuat pelanggan happy. Misal dengan cara yaitu A, B, C dan D. Prosesnya yaitu dengan proses 1, 2, 3, 4 dan seterusnya," kata Audi.

Gimana, sudah siap cari lowongan kerja? Sudah siap wawancara kerja di bank?

(aid/dna)