Punya Masalah dengan NIK saat Daftar CPNS 2021? Ini Solusinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 11 Jul 2021 16:59 WIB
Para calon PNS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT) di Kantor Wali Kota Jaksel. Ada ribuan peserta yang mengikuti tes ini.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pendaftaran CPNS 2021 telah dibuka sejak 30 Juni 2021 lalu. Masyarakat yang berminat, bisa segera mendaftar di sscasn.bkn.go.id.

Saat mendaftar, tak jarang pelamar mengalami kendala. Salah satunya, terkait dengan data diri seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), nama lengkap, tempat lahir yang tidak ditemukan atau tidak sesuai di halaman akun.

Lalu, apa yang harus dilakukan?

Mengutip sscasn.bkn.go.id, Minggu (11/6/2021), pendaftar bisa menghubungi Dinas Dukcapil Kab/Kota masing-masing untuk konsolidasi data dan menghubungi call center Halo Dukcapil, dengan mengirimkan data sesuai format berikut:

# NIK
# Nama_Lengkap
# Nomor_Kartu_Keluarga
# Nomor_Telp
# Permasalahan

Adapun layanan helpdesk Ditjen Ducapil yakni di hotline 1500537, whatsapp 08118005373, SMS 08118005373, serta email di callcenter.dukcapil@gmail.com

Lalu, bagaimana jika kendala yang dihadapi berupa informasi 'NIK sudah terdaftar' ketika membuat akun pendaftaran? Dalam kondisi itu, pelamar bisa mengakses halaman helpdesk SSCASN,

"Silahkan akses halaman Helpdesk SSCASN di https://helpdesk-sscasn.bkn.go.id kemudian pilih menu "NIK didaftarkan orang lain" dan lengkapi form isian yang tersedia," bunyi keterangan tersebut.

(acd/dna)