Fresh Graduate Wajib Tahu, Ini 4 Tips Cari Kerja saat Pandemi

Siti Fatimah - detikFinance
Minggu, 05 Sep 2021 13:38 WIB
Event Karir.com Expo 2015 digelar di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (04/11/2015). Acara ini diserbu oleh ribuan pencari kerja. Hasan Al Habshy/detikcom.
Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta -

Mencari pekerjaan merupakan tahap berikutnya bagi siswa yang lulus dari sekolah atau mahasiswa yang lulus dari universitas. Tentu, pekerjaan disesuaikan dengan kemampuan, tak sedikit juga yang memilih untuk berbisnis daripada melamar pekerjaan ke perusahaan.

Namun, bagi fresh graduate yang berminat untuk melamar pekerjaan ke perusahaan atau lembaga tentu harus mempersiapkan diri dari mulai berkas lamaran hingga kualitas diri.

Terlebih di situasi pandemi saat ini, banyak orang yang justru terpaksa diberhentikan dari pekerjaan sebelumnya. Hal ini tentu jadi tantangan tersendiri bagi fresh graduate (lulusan baru).

Sebagai fresh graduate, wajar apabila masih bingung untuk menentukan langkah selanjutnya, terlebih jika tidak punya pengalaman kerja sebelumnya. Namun, tak jarang juga lowongan pekerjaan yang ada justru menginginkan fresh graduate yang sudah memiliki pengalaman minimal magang atau pelatihan.

Kementerian Ketenagakerjaan melalui akun instagramnya berbagi empat tips mencari pekerjaan bagi fresh graduate selama masa pandemi COVID-19.

"Cari kerja bagi fresh graduate di saat pandemi seperti sekarang ini mungkin terasa sulit. Keadaan seperti ini membuat fresh graduate cukup sulit untuk mencari pekerjaan karena banyak sekali perusahaan yang terkena dampak dari pandemi ini. Lantas bagaimana langkah bagi fresh graduate untuk mengatasi masalah itu?," tulis Kemenaker dalam akun @kemnaker, dikutip Minggu (5/9/2021).

Berikut empat tips yang diberikan oleh Kemenaker:

1. Melamar kerja melalui situs online

Tips yang pertama ini bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Sebagai fresh graduate harus aktif melihat potensi peluang pekerjaan dari beberapa situs online. Pastikan juga bahwa pemasang lowongan pekerjaan di situs merupakan informasi resmi dan bukan abal-abal.

2. Networking

Maksudnya, jika Anda memiliki relasi baik itu dari universitas, sekolah, organisasi atau relasi dari manapun dapat dijadikan peluang untuk mengetahui informasi lowongan pekerjaan.

3. Bersikap ekstra responsif

Jika sudah melamar pekerjaan melalui online, Anda harus selalu siap sedia ketika proses lamaran pekerjaan berlanjut. Minimal nomor handphone dan email selalu di cek secara berkala.

4. Selalu siap wawancara virtual

Karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19, cara yang biasa dilakukan perusahaan yaitu melakukan sesi wawancara secara virtual. Anda sebagai fresh graduate harus memberikan kesan baik sama halnya ketika wawancara tatap muka misalnya berpakaian rapi dan berbicara sopan. Paling utama, jaringan internet harus dipastikan stabil agar proses wawancara berjalan lancar.

Nah itu tadi beberapa tips melamar pekerjaan di masa pandemi COVID-19. Semoga berhasil!

(zlf/zlf)