Sudah Tahu Belum? Ada Menu Lowongan Kerja di Aplikasi Prakerja

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 13:59 WIB
Daftar Prakerja
Foto: Daftar Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Aplikasi atau sistem Kartu Prakerja memiliki fitur baru untuk para pencari kerja menemukan lowongan kerja. Fitur ini diklaim bisa membantu pencari kerja, khususnya peserta Kartu Prakerja mendapatkan peluang yang lebih besar.

Fitur baru itu berada di dashboard saat membuka sistem Kartu Prakerja. Melalui fitur itu peserta Kartu Prakerja bisa mencari lowongan kerja berdasarkan skill dimiliki.

"Di dashboard Prakerja peserta baru bisa mencari info lowongan kerja berdasarkan skill," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Ia juga mengungkap pihaknya telah bekerja sama dengan dua job portal untuk memberikan fitur job recommendation di dashboard masing-masing peserta. Dua jobb potal itu di antaranya Karir.com dan Jobd.id.

"Ke depan akan bertambah lagi jumlah job portalnya," tuturnya.

Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, adanya fitur informasi lowongan kerja ini bertujuan untuk memudahkan peserta Kartu Prakerja terbiasa dengan model mencari kerja berbasis online.

"Jadi tidak perlu lagi print CV dan mengirimkan dengan amplop melalui pos. Ketika mereka mengklik lowongan kerja yang muncul di dashboard, mereka akan dibawa ke portal lowongan kerja. Di sana mereka bisa melihat dan mencari peluang yang lebih besar lagi," ungkapnya.

Sebelumnya, Denni menjelaskan untuk saat ini fitur lowongan kerja di sistem Kartu Prakerja memiliki 10 besar lowongan pekerja yang paling banyak dicari.Daftar lowongan itu akan terus diperbaharui dari bulan ke bulan dan dijabarkan hingga ke provinsi.

Sepuluh besar pekerjaan paling dicari yang tercantum pada 'Tren Rekrutmen' www.prakerja.go.id diduduki antara lain bidang penjualan ritel, pemasaran/pemgembangan bisnis, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, penjualan-korporasi, personalia, perbankan dan staf administrasi umum.

(dna/dna)