Tips Cepat Diterima Kerja Lewat Aplikasi Prakerja

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 14 Sep 2021 16:22 WIB
Daftar Prakerja
Foto: Daftar Kerja di Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Sistem Kartu Prakerja tidak hanya untuk mendaftar gelombang Program Kartu Prakerja saja. Ada fitur informasi lowongan pekerjaan yang diklaim bisa memperkuat peluang kerja bagi peserta.

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari menjelaskan fitur baru Kartu Prakerja itu menyediakan beragam lowongan kerja di seluruh Indonesia. Katanya, bagi peserta Kartu Prakerja bisa melampirkan sertifikat pelatihannya untuk memperkuat diterima kerja.

"Sobat Prakerja bisa mendapatkan kesempatan kerja lebih besar. Bila mereka mendaftar kerja, sertifikat hasil pelatihan Prakerja dapat dilampirkan untuk memperkuat peluang kerja mereka," katanya, kepada detikcom, Selasa (14/9/2021).

Lantas, bagaimana dengan peserta Kartu Prakerja yang tidak memiliki sertifikat Prakerja, artinya yang tidak lolos?

Head of Communications Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan masyarakat yang sudah memiliki akun Prakerja bisa menggunakan fitur itu meski belum lolos seleksi Kartu Prakerja.

"Caranya adalah dengan mengisi skill yang mereka kuasai di kolom yang tersedia. Algoritma kami akan memunculkan maksimal 5 lowongan pekerjaan yang cocok dengan skill mereka," jelasnya.

Diungkapkan juga, tujuan adanya fitur informasi lowongan kerja di sistem Kartu Prakerja untuk membiasakan masyarakat dengan model mencari kerja secara online.

"Jadi tidak perlu lagi print CV dan mengirimkan dengan amplop melalui pos. Ketika mereka mengklik lowongan kerja yang muncul di dashboard, mereka akan dibawa ke portal lowongan kerja. Di sana mereka bisa melihat dan mencari peluang yang lebih besar lagi," imbuhnya.

Adapun lowongan kerja yang tersedia di fitur loker Prakerja mulai dari UKM, UKB hingga BUMN di segala sektor dan lokasi. Lowongan kerja itu bersumber dari Karir.com dan Jobd.id.

Untuk saat ini fitur lowongan kerja di sistem Kartu Prakerja memiliki 10 besar lowongan pekerja yang paling banyak dicari.Daftar lowongan itu akan terus diperbaharui dari bulan ke bulan dan dijabarkan hingga ke provinsi.

Sepuluh besar pekerjaan paling dicari yang tercantum pada 'Tren Rekrutmen' www.prakerja.go.id diduduki antara lain bidang penjualan ritel, pemasaran/pemgembangan bisnis, IT-perangkat lunak, akuntansi umum/pembiayaan, penjualan-korporasi, personalia, perbankan dan staf administrasi umum.

(dna/dna)