Dapet Tawaran Kerja Tapi Nggak Sreg, Begini Cara Nolaknya

Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 25 Okt 2021 09:38 WIB
Businesswoman Interviewing Male Candidate For Job Holding Pen With Digital Tablet On Table
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Kamu pasti pernah melamar pekerjaan ke banyak perusahaan di waktu bersamaan. Syukur-syukur ada yang nyantol alias menerima lamaran kamu.

Tapi, apa jadinya kalau tak hanya satu perusahaan yang menerima lamaran kamu? Mau nggak mau, kamu harus bisa memilih satu dan menolak yang lainnya dong.

Nah, bagaimana kamu menolak tawaran kerja yang lain juga penting untuk pengembangan karier kamu. Sebab, penting bagi kamu untuk tidak merusak relasi dengan sang pemberi kerja meskipun kamu nggak akan kerja di sana.

"Anda tidak ingin merusak jembatan apa pun, dunia ini sangat kecil," kata Karen Delk, CEO dari sebuah perusahaan pelatihan eksekutif dan pengembangan karir Davis Delk Consulting, Senin (25/10/2021).

"Anda ingin memiliki citra profesional dan kesopanan, dan untuk memproyeksikan Anda tahu bagaimana melakukan percakapan yang sulit saat menolak tawaran, tetapi juga berusaha mempertahankan hubungan," jelasnya lagi.

Melansir dari CNN, Senin (25/10/2021), berikut hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengatakan "tidak" kepada pemberi kerja.

1. Lakukan Secara Langsung
Jodi Glickman, seorang CEO dari Great on the Job mengatakan kalau kamu perlu meninggalkan kesan yang baik kepada pemberi kerja yang ingin kamu tolak.

Selain itu bila jika memungkinkan, lakukanlah percakapan tersebut di telepon, bukan melalui email.

"Lakukan secara langsung," kata Roy Cohen, pelatih karir dan penulis The Wall Street Professional's Survival Guide.

"Itu akan memiliki dampak yang jauh lebih kuat tidak peduli betapa tidak nyamannya perasaan Anda," jelasnya.

2. Tunjukkan Penghargaan

Pada saat tawaran pekerjaan itu datang, kemungkinan sudah banyak waktu yang dihabiskan oleh pemberi kerja untuk melakukan sejumlah tahapan seleksi sebelum akhirnya menawarkan pekerjaan itu untuk kamu.

Karenanya para ahli mengatakan penting untuk berterima kasih atas tawaran yang telah diberikan, bahkan yang tidak Anda terima.

"Secara keseluruhan, tujuannya adalah untuk menunjukkan rasa terima kasih dan apresiasi atas tawaran tersebut," kata Glickman.

"Anda ingin menunjukkan bahwa Anda benar-benar mempertimbangkan tawaran ini dan menganggapnya serius."



Simak Video "Sandiaga Prediksi Nasib Bisnis di Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]