ADVERTISEMENT

5 Situs Bikin CV Gratis dan Menarik, Wajib Dicoba Pelamar Kerja

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 25 Jul 2022 17:30 WIB
Id be lost without my cellphone
5 Situs Bikin CV Gratis dan Menarik, Wajib Dilirik Pelamar Kerja
Jakarta -

Curriculum Vitae atau CV adalah salah satu dokumen yang sangat penting saat ingin melamar pekerjaan. Tentunya CV sendiri harus dibuat dengan baik dan menarik agar dilirik HRD atau pemberi kerja.

Untuk itu kamu dapat menanfaatkan sejumlah situs ini untuk membua CV yang baik dan menarik. Rata-rata setiap situs yang ditawarkan memiliki berbagai template, sehingga bisa dipilih dan digunakan sesuai keinginan kamu.

CV yang baik akan membantu HRD dalam melakukan pengecekan. Bisa jadi, CV yang kamu kirim berhasil lolos dan akhirnya mendapat panggilan wawancara. Biar nggak bingung, berikut situs untuk membantu membuat CV:

Canva

Canva adalah situs yang bisa digunakan untuk membuat desain grafis, salah satunya CV. Terdapat banyak template yang bisa digunakan di CV secara gratis, namun ada juga beberapa template premium yang harus bayar. Berikut langkah-langkah membuat CV di Canva:

1. Buka situs https://www.canva.com/
2. Pilih 'Design' lalu scroll ke 'Office' dan cari 'Resumes'
3. Setelah itu klik 'Create a resume'
4. Nantinya kamu bisa memilih template CV di Canva secara gratis

Resume.io

Di aplikasi Resume.io kamu juga bisa membuat CV dengan gaya minimalis yang nyaman saat dibaca. Resume.io juga memilii fitur automatic spell-checker, sehingga dapat memperbaiki tata bahasa dalam penulisan bahasa Inggris. Berikut langkah-langkah membuat CV di Resume.io:

1. Buka situs https://resume.io/
2. Pilih 'Create My Resume' lalu diklik
3. Pilih template CV yang sesuai dengan keinginan kamu
4. Jika sudah menemukan template yang menarik, klik 'Use This Template'
5. Jangan lupa masukkan informasi dan data kamu bisa dari Facebook, Google, dan LinkedIn

VisualCV

Kamu juga bisa membuat CV melalui situs VisualCV yang tidak memerlukan banyak editing tools. Salah satu keunggulan VisualCV yakni dapat memindahkan informasi dari akun LinkedIn, sehingga secara otomatis muncul di CV kamu. Berikut sejumlah cara membuat CV di VisualCV:

1. Buka situs https://www.visualcv.com/
2. Silahkan pilih Sign up melalui Google atau LinkedIn
3. Pilih template yang kamu inginkan
4. Jika sudah menemukan template yang sesuai, klik 'Use This Template'
5. Kamu bisa menggunakan CV yang ada, menggunakan template yang tersedia, atau memulai dari awal

Resumonk

Ada juga situs gratis lainnya untuk membuat CV yakni Resumonk. Namun, Resumonk menawarkan dua pilihan untuk penggunanya yakni free plan dan premium. Bedanya, pada pilihan free plan akan disediakan lima pilihan template CV dengan tampilan minimalis.

Sementara di fitur premium bisa memilih 20 template CV. Untuk Resumonk premium dikenakan biaya sebesar US$ 29 atau sekitar Rp 430.000 untuk 12 bulan. Berikut cara membuat CV di Resumonk:

1. Buka situs https://www.resumonk.com/
2. Klik ' Create your impressive resume now'

CV Maker

Terakhir, kamu juga bisa membuat CV gratis melalui situs CV Maker. Dalam situs ini disediakan banyak template CV secara gratis dengan desain yang minimalis.

Keuntungan dari membuat CV di CV Maker adalah para pengguna bisa menghubungkan akun Facebook dan LinkedIn. Secara otomatis, informasi dan data di kedua media sosial bisa muncul di CV kamu. Berikut langkah-langkah membuat CV di CV Maker:

1. Buka situs https://www.cvmaker.co.id/
2. Klik 'Buat CV Anda.'

Demikian 5 situs untuk membuat CV yang dapat kamu manfaatkan dengan mudah dan gratis. Semoga sukses ya detikers!

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT