ADVERTISEMENT

Jangan Diulang! Ini 6 Hal yang Sering Bikin Gagal saat Wawancara Kerja

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 19:30 WIB
wawancara kerja
Wawancara Kerja/Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Wawancara kerja merupakan salah satu tahapan penting saat melamar pekerjaan yang didambakan. Apabila kamu dapat membuat perekrut terpukau, besar kemungkinan kamu dapat meraih posisi yang diinginkan.

Meski demikian, kamu perlu memperhatikan sejumlah hal saat melakukan wawancara pekerjaan. Sebab jika ada beberapa kesalahan ketika wawancara, hal ini bisa menghancurkan kesempatanmu untuk mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu, penting adanya persiapan yang matang sebelum wawancara. Berikut ini, 6 hal yang perlu kamu perhatikan biar tak gagal saat melaksanakan wawancara kerja:

1. Tidak Mengetahui Budaya Perusahaan

Apabila Anda sudah mengetahui dan mencintai budaya perusahaan tersebut, itu menunjukkan bahwa Anda layak bekerja di sana. Perekrut pun akan terpukau saat mengetahui Anda sudah familiar dengan budaya perusahaan mereka. Bila Anda tidak mengetahuinya, maka itu pertanda Anda tidak siap untuk melakukan interview kerja.

2. Terlalu Lama Menjawab

Ketika si pewawancara menanyakan pertanyaan kepada Anda, sebisa mungkin jawablah dengan cepat. Jeda yang terlalu lama ketika Anda merespon pertanyaan yang diberikan, itu hanya menunjukkan bahwa Anda sebenarnya tidak mempunyai jawaban yang disiapkan sejak awal.

3. Tidak Memahami Visi & Misi Perusahaan

Sebelum Anda memutuskan untuk interview kerja, sebaiknya pahamilah visi dan misi perusahaan tersebut. Sebab, salah satu prosedur standar karyawan adalah memahami visi dan misi perusahaan tempatnya bekerja. Jika Anda tidak memahaminya sejak diinterview kerja, tandanya Anda tidak siap melakukan wawancara.

4. Tidak Memahami Tugas

Ketika Anda melamar pekerjaan di suatu perusahaan, Anda harus mengetahui apa saja tugas dari posisi yang diincar tersebut. Jangan sampai saat melakukan interview kerja, Anda malah menanyakan kepada si pewawancara mengenai apa saja tugas yang harus dilakukan jika memang nantinya Anda diterima di perusahaan itu.

5. Tidak Menyiapkan untuk Si Pewawancara

Pewawancara tentunya akan memberikan kesempatan untuk Anda bertanya. Apabila tidak melakukannya, mereka akan menganggap Anda tidak bersungguh-sungguh bekerja di sana dan tidak siap diwawancara kerja.

6. Jawaban Tidak Fokus

Sebisa mungkin berikanlah jawaban yang jelas, konsisten dan fokus. Sebab jika tidak, Anda hanya akan dianggap tidak serius, dan tidak siap melakukan wawancara.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT