Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Palsu, Ini Ciri-cirinya!

ADVERTISEMENT

Waspada Penipuan Berkedok Lowongan Palsu, Ini Ciri-cirinya!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 01 Nov 2022 15:20 WIB
Ilustrasi lowongan kerja atau pekerjaan
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan-balvan
Jakarta -

Untuk para pencari kerja atau job seeker harus terus waspada dengan informasi lowongan kerja palsu. Biasanya lowongan kerja palsu ini mengatasnamakan pemerintahan, perusahaan BUMN sampai perusahaan swasta.

Dikutip dari berbagai sumber, salah satunya jobstreet.co.id lowongan kerja palsu ini biasanya menawarkan gaji yang tinggi. Selain itu syarat dan kualifikasi untuk pelamar sangat umum dan mudah. Sehingga siapapun bisa melamar.

Selain itu, pemanggilan wawancara menggunakan email tidak resmi atau bukan email perusahaan. Tapi menggunakan email gratis seperti gmail atau yahoo. Kemudian jika pemanggilan dilakukan menggunakan whatsapp, bahasa yang digunakan tidak resmi dan terkesan tidak terstruktur.

Tak cuma itu, penipuan berkedok loker ini juga sering meminta biaya. Mulai dari penggantian transportasi hingga uang registrasi. Biasanya modus ini digunakan untuk pelamar yang berada di luar kota.

Dalam surat panggilan interview, pelamar akan diminta untuk mengirimkan sejumlah uang untuk booking tiket transportasi dan pemesanan hotel.

Sebelum mendatangi tempat interview, ada baiknya memastikan alamat dan nomor telepon perusahaan tersebut. Cari alamat yang lengkap lalu bandingkan. Jika alamat berbeda satu sama lain maka perlu dicurigai.



Simak Video "Viral Lowongan Kerja Haters Amber Heard, Bayarannya Rp 118 Ribu per Jam"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT