Follow detikFinance
Jumat 21 Apr 2017, 11:46 WIB

Wawancara Menteri Keuangan

Mau Tahu Apa Mimpi Sri Mulyani?

Maikel Jefriando - detikFinance
Mau Tahu Apa Mimpi Sri Mulyani? Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah terlalu biasa menjelaskan tentang perekonomian. Entah itu ekonomi global, regional, nasional, daerah hingga pengelolaan ekonomi dalam rumah tangga.

Dalam wawancara khusus dengan detikFinance untuk memperingati Hari Kartini, Sri Mulyani berbicara mengenai mimpi. Mimpi dalam arti yang sebenarnya terjadi ketika sedang tidur maupun mimpi yang berisikan impian-impian di masa depan.

Sri Mulyani ternyata memiliki sesuatu hal yang indah dan terus dipelihara sampai sekarang. Suatu saat wanita yang akrab disapa Ani ini sangat ingin mimpi itu terjadi.

Ingin tahu lengkapnya, mari simak wawancara detikFinance dengan Sri Mulyani pekan lalu.

Mau Tahu Apa Mimpi Sri Mulyani?Foto: Hasan Alhabshy

Apa sih yang menjadi mimpi seorang Sri Mulyani?
Kemarin mimpinya ngomel-ngomel. Kata suami saya, kayaknya lagi di rapat. Iya tuh saya lagi pusing.

Sampai begitu Bu, apa itu sering kejadian?
Kadang kalau saya belum membersihkan pikiran saya tidur itu pekerjaan yang mengesalkan masuk ke mimpi. Tapi most of the time saya biasanya punya waktu sedikit jeda sebelum tidur. Karena saya termasuk orang malam, artinya saya makin malam, makin susah tidur.

Saya bukan orang yang jam 8 sudah ngantuk. Semakin jam 8 mulai capek tapi kemudian makin segar, jam 10 makin segar, jam 11 matanya malah makin berbinar-binar. Makanya saya harus bisa maksain diri untuk soft. Jadi kalau mimpi dalam artian literary mimpi ya macam-macam. Kalau tergantung waktu sebelum tidur kamu mengosongkan pikiran dulu atau nggak.

Bagaimana cara Ibu agar bisa tidur dengan tenang?
Itu adalah effort khusus. Saya nggak tipe yang begitu nempel bantal tidur. Ada yang kayak gitu. Jadi saya iri sama orang-orang kayak gitu. Kayaknya hidupnya simple.

Kalau harus memimpikan Indonesia, mimpi seperti apa yang Ibu inginkan terjadi di masa depan?
Saya pikir Indonesia adalah negara yang indah ya dan besar. Saya selalu tanya sama teman-teman saya orang luar negeri mengenai Indonesia dan pernyataan awalnya Indonesia people is so kind and nice.

Jadi orang Indonesia itu di mata orang luar itu orang yang baik dan baik hati dan senang, ramah. Itu orang yang saya kenal puluhan tahun maupun yang baru dikenal 2 menit, mereka selalu bicara tentang Indonesia DNA-nya manusia-manusia yang ramah, mau welcome, nyenengin. Temen-temen saya yang bule tahu istilah bule itu. You love bule.

Jadi kalau saya mau ngimpi tentang indonesia, orangnya sudah baik-baik gitu, rajin, baik hati. Negara ini bisa menjadi negara yang luar biasa besar gitu ya. Yang tidak hanya segelintir orang yang kaya atau berkuasa. Jadi negara yang rakyatnya itu senang bersatu untuk mewujudkan bersama.

Sampai sekarang Ibu apa masih menyimpan mimpi itu?
Saya ngimpinya ya harusnya kita bisa mewujudkan bekerja sama-sama kayak gitu, karena saya dulu sama Pak Darmin (Nasution, Menko Perekonomian) waktu saya di UI. Dia pernah ngomong: An, kaya sendiri itu gampang, pinter sendiri gampang, bikin tuh 250 juta orang sama-sama kaya dan pinter, itu baru susah.

Jadi menjadi famous sendiri kaya sendiri, maju sendiri itu relatif gampang untuk orang-orang yang sudah apalagi di level elit. Tapi kalau anda punya kepuasan untuk mimpi tadi, kalau membuat semua nya menjadi relatif. Saya rasa itu adalah mimpi yang pantas untuk dipelihara. Supaya kalau tidur ingat terus. (mkl/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed