Follow detikFinance
Selasa 06 Jun 2017, 08:41 WIB

Wawancara Khusus Menpan RB

62% PNS RI Tak Punya Keterampilan Khusus

Danang Sugianto - detikFinance
62% PNS RI Tak Punya Keterampilan Khusus Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Banyak Pemerintah Daerah (Pemda) dan Instasi Daerah lainnya memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualias (WTP) pada laporan keuangannya, namun hasil kerjanya tak pernah dirasakan masyarakat.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengatakan, permasalahan yang paling mendasar, terletak pada kualitas aparatur sipil negara (ASN) khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di Instansi tingkat daerah seperti Kantor Pemda dan Kantor Dinas.

"62% PNS kita kemampuanya adminsitratif," kata Asman saat berbincang dengan detikFinance di kantornya, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Kemampuan administratif, artinya, PNS hanya menguasai urusan surat menyurat dan tidak memliki kemampuan khusus yang diperlukan Padahal, untuk bisa mendongkrak kinerja sebuah instansi, jumlah PNS terampilnya harus lebih banyak.

Misalnya saja, sambung Asman, agar pekerjaan infrastruktur di daerah memiliki kualitas yang baik, harus ada PNS yang menguasai teknik sipil atau pun arsitektur. Harapannya, agar bisa mengawasi pekerjaan yang ditangani sesuai dengan bidang keterampilan yang dimiliki.

Untuk itu, pihaknya saat ini tengah bekerjasama dengan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) dan beberapa lembaga lainnya untuk membuat pendidkan arsiparis. Nantinya PNS yang tak memiliki kemampuan khusus itu akan dididik agar memiliki kemampuan arsip.

"Nanti di daerah kita suruh kirim, yang tadinya enggak punya kemampuan kita suruh masuk situ. Jadi SDM ini harus kita upgrade," tukasnya. (dna/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed