Follow detikFinance
Senin 23 Oct 2017, 21:00 WIB

Wawancara Lengkap Yusuf Mansur Soal PayTren dan Mimpi Membeli Indonesia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Wawancara Lengkap Yusuf Mansur Soal PayTren dan Mimpi Membeli Indonesia Foto: Tripa Ramadhan
Jakarta - Yusuf Mansur tidak lagi hanya dikenal sebagai Ustaz. Sekarang Yusuf turut menggeluti berbagai bisnis di sektor keuangan dan melibatkan banyak dana di dalamnya.

Sepanjang perjalanan, Yusuf tak sedikit menghadapi berbagai tantangan. Bahkan ia berulang kali dilaporkan oleh orang-orang yang merasa telah ditipu.

Yusuf Mansur membagi ceritanya secara eksklusif kepada detikFinance, Senin (23/10/2017). Berikut petikan wawancaranya.

Boleh diceritakan dulu bagaimana ustaz bisa terjun ke dunia bisnis?

Sebenarnya karakter pendidikan dari orang tua kami itu memang berdagang. Saya memang tinggal dengan izin Allah dekat madrasah atau sekolah. Ya sudah ada market tapi isinya anak sekolah. Setiap hari melihat orang melakukan jual beli.

Ketika saya mau jajan, kata nenek saya, jual saja kerupuk bangka sana, ada 1000 anak yang bisa beli. Ini lho marketnya. Saya kecil mulai jual kerupuk bangka, gundu sampai layangan ya.

Sekarang menjalankan beberapa bisnis, apa ustaz bisa menjelaskan lebih rinci?

Waduh nggak muat nih satu halaman portofolio. Saya sampai sekarang masih belum merasa jadi pengusaha. Saya belajar sama orang besar, mereka mengajarkan proses yang baik dan benar.

Yang happening ya PayTren payment gateway itu layanan pembayaran. Lagi heboh sama pengajuan izin. Sama ada yang baru Paytren aset management wah ini keren.

Saya itu salah satu pengguna telko ya. Ini cara berpikir Yusuf Mansur ya, ketika saya gunakan telko tersebut ada 40 juta pelanggan. Tiba tiba satu hari diumumin telko yang saya pakai untuk langganan, dijual sama negara lain di Qatar.

Dengan nilai kurang lebih saat itu sekitar Rp 13 triliun. Saya mikir kenapa harus dijual, bukankah Rp 13 triliun itu bisa dibagi 40 juta orang pengguna. Ya tawarin aja ya. Tinggal broadcast sms isinya our available customer ya, jadi owner cuma 250 ribu per orang. Kalau dilakukan, nggak bakal lepas itu, sekarang Rp 200 triliun itu ya.

Kalau ditanya balik direksinya emang mau abisin uang Rp 13 triliun dalam satu malam? Kan belanja 3 tahun fiber optic dan BTS investasinya, kalau dibagi jadi Rp 9000 perak.

Nah ini yang jadi perkara soal bentuk patungan usaha dan bermasalah. Kalo saya salah ya minta maaf, saya bilang sekarang lagi diberesin, tapi kemudian ada yang nyodok ya. Tapi sedang kita selesaikan. Jadi kalau dulu mau Rp 9000 itu lu ga perlu keluar duit. Caranya ya dewan direksi ya harus hold tahan pulsa anda Rp 9000 ya bulan ke 37 ya bilang ya congratulation sudah jadi investor.

Soal PayTren bagaimana kabarnya sekarang ustaz?

Kita memiliki manajemen yang kuat dan solid. Teknologi yang insya Allah. BI sebut ada satu nama perusahaan asal Eropa ya. Ini blak blakan tapi jangan blak blakan banget ye. Saya bilang kita berangkat ke sana, kita beli ya. Banyak yang bilang ke saya jadi kan begini pak ustad kalo mau bagus pake ini ini. Ya saya dateng dengan power of networking dan power of opportunity.

Ketika di-suspend saya memahami kekhawatiran pemerintah, ini harus secure dan harus menjaga masyarakat terutama dana masyarakat investasi deposit ketika orang masuk e-commerce deposit. Uang ini tetap di perbankan, tapi kita ada platform sistem teknologinya saluran komunikasi dan sebagainya. Allah kasih saya orang terbaik, anak muda, soleh dan soleha dan pelanggan yang manis manis.

Berapa pelanggan PayTren dan dana kelolanya sekarang?

1,6 juta. Transaksi listrik aja 800.000. Misalnya bayar listrik Rp 200 ribu ya lo kali saja ya belom termasuk pulsa tiket kereta pesawat dan sebagainya.

Proses perizinannya bagaimana ?

Iya seluruh bagian saya sebagai pengaju sudah selesai, kita lagi nunggu nasib nih, perhitungan Oktober ini juga atau November ini jalan insya Allah, kalau keluar ya unstopable sama izin Allah ya, besok sebelum ke jalan tol bayar aja di rumah.

Semua pengguna PayTren harus pegang KTP gini foto dan dikirim sehingga lebih aman. Kartu kan masih ada Rp 700 perak ya kalau dikali pengguna ya banyak. Bank sebenarnya tidak perlu takut kan uangnya tetep di bank ya. Dan saya bilang sama pemirsa kalau saya berani ajuin izin harusnya secara logika ini tidak mungkin ini tidak benar. Misalnya waktu disuspend, kalau saya jahat ya saya pakai.

Apa enggak khawatir atau takut ustaz?

Kan September di stop nih, deposit baru tidak bisa masuk, deposit lama dihabisin kan orang bisa tetap pakai yakan, misalnya untuk bayar listrik kebayang saya pasti keringetan. Kan orang semuanya mengandalkan uang masuk, ketika saya di-suspend ya saya seneng berarti i'm honest. Kan tidak ada yang nggak bisa dipakai uangnya. Saya tidak pernah bercanda dengan uang anda semua ya. Ini sesuatu dengan izin Allah, saya amanah duit orang nih bukan duit saya.

Kalau PayTren Aset Management bisa dijelaskan seperti apa produknya?

Nah ini bentuk formalnya saya sudah tunjukan, kalau saya santri dan ustaz. Makanya waktu OJK pada 2012-2013 memanggil dulu, saya dikasih sanksi edukasi, saya disuruh belajar. Pemerintah enggak lihat nawaitu saya yang jelek. OJK waktu itu belum tau mau apa entitasnya, kita dilempar ke Kemenkop, perubahan koperasi merah putih.

Tapi tidak seksi ya koperasi, ada koperasi langit biru, kayak agak miring saya gak geber usaha di koperasi ya, kemudian diajukan OJK gimana kalo ustad YM bikin manager investasi syariah, full place divisi MI syariah pertama milestone di indonesia. Ajukan dari kami sudah selesai tinggal izin di OJK nya.

Banyak yang berminat investasinya?

Sorry ya kalaau muslim kan dari kecil sampi hari ini pengumumanya oldest ya sebelum khotib naik mimbar gini, kami umumkan saldo kas mesjid hingga sekian sekian, pengeluaran saldo akhir sekian. Kita denger nggak? Enggak pengumumannya nggak menarik. Besok PAM lahir keren.

Indonesia ini 1 juta mesjid ya, yang dipake solat jumat sekitar 600-800 ribu. Per mesjid hitung gampang satu juta lah kasnya. Artinya satu kali jumat Rp 1 triliun, satu tahun ada 52 jumat dan Rp 52 triliun. Nah dalam satu tahun ada 4 jumat yang supersale karena Ramadan. Ya sekitar Rp 100 triliun perputaran di tromol masjid.

Nah ketika duit ada di PAM, pengumumannya gini, woy jamaah Grand Hyatt sudah kita beli ya, terus kita bayarin gedung lain. Besok jamaah nunggu lagi karena di sini abis udah dibeli beliin, kita pergi ke Singapura, kita beli beliin kita ganti namanya Singaparna. Makanya saya bilang kita berangkat ke Spanyol ya kita beli Real Madrid kita ganti Real Masjid. Besok nggak akan ada lagi big match karena udah saya satuin. Udah lu jangan musuhan.

Apa itu tidak mustahil?

Tidak ada yang mustahil orang Indonesia buktikan dulu 13 tahun sebelum Erick Tohir beli Intermilan dia udah ngomong ya tapi nggak ada yang percaya dia beli Intermilan. Tapi dang ya kejadian.

Ustaz ada rencana untuk mewujudkan itu?

Iya udah gw solawatin di Old Traford di Manchester City saya bawa anak saya kun, nanti kamu yang jadi owner-nya. Saya mimpikan nanti Presiden AS nelpon saya, terus saya males angkat, abisnya dia mau minjem gimana gw mau angkat kan males banget ya. Inilah DNA bangsa Indonesia harus dibuktikan bahwa kita negara investor.

Kita enggak usah jauh-jauh dulu, ada bank Muamalat yang butuh suntikan. Ustaz enggak berminat?

Begini pertama kita doain mudah mudahan yang berjuang untuk dapatkan kembali bank muamalat supaya diridoi Allah SWT. Saya bagian dulu di awal awal, 1992 tuh waktu SMA saya dikirim nenek saya untuk kumpulkan uang untuk Muamalat. Waktu opening 1992 saya yang ngaji, kalo Allah izinkan dan saya punya kemampuan kenapa enggak.

Tapi beli bank apapun buat kita udah enteng. Targetnya bukan beli di sini ya. Itu di Singapura ya itukan udah kita lakukan. Power of networking udah kita pakai kan, power of opportunity population kita nggak pakai.

Contohnya nenek saya punya sekolah, isinya 1200 murid jadi dia nggak perlu jualan soto mie. Tukangnya yang dateng ya. Dia bilang dari sekian mangkok berapa yang kamu kasih buat kas madrasah ya itu of opportunity.

Investasikan mengajak orang untuk meletakan uangnya di ustaz, bagaimana belajarnya untuk bisa meyakinkan?

Ada dua ayat dalam alquranul qarim yang bekerja dalam diri saya, kamu minta ilmu padaku dalam surat itu ilmunya general nggak khusus tidak pakai alif lam ya maksudnya tergantung kita mintanya .Ya ente bertaqwa aja sama Allah nanti diajarin ini semua orang bisa jadi pengusaha.

Ketika perusahaan omzetnya Rp 350 miliar saya bilang sama general manager mau jadi Rp 1 triliun nggak? Kalau mau yuk kita wudhu ya enteng kan. Tapi yang enteng gini belom tentu mau lakukan pengusaha lain. Ada yang shalat dhuha ya malah diomelin. Saya tetep ustaz i'm doing business i'm as ustaz.

Saya udah punya ferarri dan lamborgini 4 dari 2008 ya saya taruh di lemari. For you it was a joke, for me it was a dream.

Beberapa waktu lalu ada yang melaporkan Ustaz ke Kepolisian karena dianggap menipu, ceritanya seperti apa Ustaz?

Kita akan merinding kalau beneran menipu dan lari, saya tidak lari kapan dipanggil polisi kita datang. Umat kan butuh kejelasan ya tanggung jawab, kalau ini penipuan tapi hotelnya ada. Tolong bedakan belum menghasilkan dan menipu. Perjalanannya luar biasa ya, pada saat mau lari kita di stop. Akuisisi hotel itu udah terjadi, ya kita butuh Rp 80 miliar untuk menyelesaikan tapi saya gak boleh untuk ambil lagi. Ketika di setop ya sudah selesai.

Kalau mau gampang ya jual aja, tapi itu tidak saya lakukan ya. Memang okupansinya rendah kita taruh di situs online aplikasi pesan hotel. Kan kita mau hotel syariah tapi datangnya nggak karuan ya saya demen lihatnya tapi kita punya tanggung jawab ya.

Kita jadi banci dibilang syariah pasarnya belum ada. Orang muslim kan suka gitu begitu keren dikit nggak mau masuk yang syariah maunya yang tetep begono nah jadi akhirnya kita strategi coba sana sini maka saya belom bisa hadirkan keuntungan. Hotel siti di belakang bandara.

Kalau keuntungan dari sisi nilai bangunan sejak 2013 – 2017 makanya saya mau roadshow untuk jelaskan dan minta pendapat gimana kalau dijual kita bagi sedapetnya. Duit orang diinvestasikan dan dapat keuntungan saya enggak salah saya taruh di properti ya udah lah gak akan ada miss management tanah kosong aja naik gimana pembangunannya.

Bagaimana cara Ustaz menangani pengaduan-pengaduan tersebut?

Begitu penyelidikan saya siap. Kan polisi asal saya dipanggil enggak lari mah. Spiritnya menyelesaikan ya kalau bukan penyelesaian ya mau diapain ya polisinya nanya masih bisa ikut enggak.

Saya adalah orang Indonesia yang taat tapi kalau umpama saya nggak dapat ya bukan rejeki saya dan bukan rejeki bangsa Indonesia

Keuntungan yang Ustaz dapatkan?

Saya udah selesai urusan dunia ya tinggal angkat tangan doang bos. Dulu saya sakit hati jadi orang susah mau makan sate padang. Dua minggu gw nabung mau makan sate padang kurang ajar nggak tuh. Setelah saya ketemu Allah everything lancar semua. Shalat aja ya.

Ya dulu saya ajak istri saya, shalat yuk dek, dulu panggilannya masih ade masih miskin sekarang udah mamah udah kaya. Beda becanda pemirsa ya. Saya bilang ayo shalat. Ntar kita makan nasi padang. Kata Allah minta tolong padaku shalat dan sabar ya ya Allah saya mau ke tukang sate padang bayarin. (mkj/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed