Follow detikFinance
Jumat, 25 Mei 2018 15:38 WIB

Wawancara Khusus Menteri Perhubungan

Keresahan Budi Karya hingga Tekad Basmi Pungli

Hendra Kusuma - detikFinance
Halaman 1 dari 3
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menjabat sebagai Menteri Perhubungan hampir dua tahun, Budi Karya Sumadi mengaku sampai saat ini masih memiliki keresahan karena persoalan di sektor perhubungan yang belum bisa diselesaikan.

Dia bilang, dua keresahan yang dirasakan selama menjabat sebagai orang nomor satu di Kementerian Perhubungan ini adalah soal fenomena transportasi online seperti ojek online (ojol), dan satu lagi terkait dengan pungutan liar (pungli).

Khusus pungli, Budi menceritakan sampai sekarang persoalan pungli yang berada di sektor perhubungan belum beres 100%. Apalagi pungli pada truk logistik, menurut Budi hal tersebut sudah menjadi penyakit.

Berikut petikan wawancara khusus detikFinance dengan Menteri Perhubungan Budi Karya pada pekan lalu di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (23/5/2018).

Pak Menteri kan sudah mau 2 tahun di kabinet kerja, PR apa yang paling susah diselesaikan di Kementerian Perhubungan?
Ya cukup banyak yah, tapi ada dua yang memang menjadi saya itu guilty feeling, karena berkaitan dengan masyarakat banyak, satu itu angkutan online, ojol, dengan adanya dikotomi antara angkutan berbasis online dan offline, ini saya menjadi PR yang berat karena menyangkut masyarakat banyak baik mereka yang berpenghidupan mencari penghidupan maupun yang menggunakan.

Yang kedua adalah pelayaran rakyat, itu banyak sekali dan memang dibutuhkan masyarakat di mana-mana, di seluruh Indonesia, oleh karenanya saya menaruh perhatian untuk membuat itu lebih baik dengan langkah-langkah walaupun itu kecil, pasti, saya harapkan ini dapat menginspirasi masyarakat banyak.

Klik selanjutnya
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed