Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Apr 2019 07:52 WIB

Wawancara Kepala Bappenas

RI Menjawab Tantangan 'Robot Gantikan Manusia'

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Dok. Bappenas Foto: Dok. Bappenas
Jakarta - Indonesia saat ini sedang mengalami perubahan struktur penduduk. Jumlah penduduk usia produktif yang berusia antara 15 sampai 64 tahun diperkirakan akan terus meningkat.

Menjelang 2030, jumlah penduduk usia produktif diproyeksikan mencapai 200 juta orang, atau sekitar 68% dari populasi, menempatkan Indonesia sebagai negara dengan populasi usia produktif terbesar di Asia Tenggara.

Di satu sisi, perubahan struktur penduduk ini akan memberi peluang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Namun modal ini juga bisa menjadi pisau bermata dua jika SDM Indonesia tidak siap dengan peluang yang akan ada di masa depan.

Terlebih dengan fakta saat ini, di mana tenaga kerja Indonesia lebih banyak didominasi bekerja di sektor non formal atau unskill. Sementara industri 4.0 yang penuh dengan digitalisasi dan teknologi justru menginginkan tenaga kerja yang memiliki skill khusus.

Bagaimana persiapan Indonesia untuk menyiapkan tenaga kerja yang mumpuni menghadapi masa mendatang? Berikut wawancara eksklusif detikFinance dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengenai persiapan tenaga kerja Indonesia menghadapi peluang pekerjaan di masa mendatang ini. (eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com