Wawancara Khusus Arsitek Long Span LRT Jabodebek

Cerita di Balik Long Span Terpanjang Dunia di LRT Jabodebek

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 19 Nov 2019 14:10 WIB
1.

Cerita di Balik Long Span Terpanjang Dunia di LRT Jabodebek

Cerita di Balik Long Span Terpanjang Dunia di LRT Jabodebek
Foto: Johan 20detik
Jakarta - Jembatan lengkung bentang panjang (long span) di Kuningan pada proyek LRT Jabodebek telah selesai pengerjaan pengecoran dan sepenuhnya tersambung. Long span terpanjang di dunia ini menuai pujian.

Pujian sendiri utarakan oleh Presiden Joko Widodo. Melalui akun instagramnya, Jokowi berbagi cerita akan kebanggaannya terhadap proyek ini.

Jokowi kagum dengan konstruksi long span yang melayang di atas flyover dengan bentuk melengkung sepanjang 148 meter dengan radius lengkung 115 meter.

Orang nomor 1 di RI itu memuji habis-habisan insinyur yang merancang long span tersebut. Dia adalah seorang wanita yang bernama Arvila Delitriana.

Tak hanya itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bahkan rela memberikan Dana Operasional Menteri (DOM) untuknya sebagai bentuk apresiasi. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga mengundangnya untuk makan siang.

detikcom pun berkesempatan untuk mewawancarai lebih dalam sosok wanita yang akrab disapa Dina itu. Dia bercerita mulai dari sempat diremehkan pihak asing hingga rahasia dibalik suksesnya dia membangun puluhan jembatan. Berikut wawancara lengkapnya: