Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Des 2019 05:34 WIB

Heboh Aturan Susi soal Benih Lobster Mau Dicabut, Jokowi Buka Suara

Trio Hamdani - detikFinance
Benih lobster. Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo bakal membuka keran ekspor benih lobster yang selama ini dilarang melalui kebijakan menteri sebelumnya, Susi Pudjiastuti. Benih-benih lobster ini rencananya bakal diekspor ke Vietnam.

Alasan dibalik wacana melegalkan ekspor benih lobster karena banyak pihak yang menggantungkan hidup dari komoditas tersebut. Selain itu penyelundupan pun terjadi meskipun ekspor dilarang.

Polemik tersebut ramai diperbincangkan dan menuai pro-kontra hingga akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) buka suara. Seperti apa pernyataan orang nomor satu di Indonesia itu?

Saat Susi Pudjiastuti menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan di periode pertama pemerintahan Jokowi, benih lobster tidak boleh diekspor. Apa respons Jokowi soal rencana Edhy Prabowo mencabut larangan ekspor lobster?

"Tanyakan ke menteri KKP Pak Eddy Prabowo. Yang paling penting menurut saya negara mendapat manfaat, nelayan mendapat manfaat lingkungan tidak rusak. Nilai tambah ada di dalam negeri dan ekspor dan tidak ekspor itu hitungannya dari situ," kata Jokowi di gerbang tol Samboja, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kaltim, Selasa (17/12/2019).

Jokowi meminta kebijakan yang akan dijalankan Menteri Edhy itu harus memperhatikan keseimbangan, yaitu antara pelestarian lingkungan dan sisi ekonomi

"Jangan kita hanya melihat lingkungan saja tetapi nilai ekonomi juga dilihat. Tapi jangan dilihat nilai ekonominya saja tapi lingkungan tetap harus dipelihara. Keseimbangan itu paling penting bukan hanya bilang jangan, enggak," ujar Jokowi.

Dia menambahkan perlunya keseimbangan ekonomi dan lingkungan. Jokowi yakin para pakar mengetahui bagaimana menjaga lingkungan supaya benih lobster tidak diselundupkan.

"Keseimbangan itu yang harus di perlukan. Jangan juga aur-auran semuanya diekspor semua enggak bener. Saya kira pakar-pakarnya tahu lah mengenai bagaimana tetap menjaga lingkungan agar lobster itu tidak diselundupkan tidak diekspor secara aur-auran tapi juga nelayan dapat manfaat dari sana, nilai tambah ada di negara kita," papar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Tak lama muncul Hashtag #TenggelamkanEdhyPrabowo, seperti apa ceritanya?
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Penyelundupan Benih Lobster Rp 66 Miliar ke Singapura Digagalkan!"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com