Wawancara Khusus

Airlangga Jawab Kritik Kartu Pra Kerja hingga Keterlibatan Ruangguru

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 17 Apr 2020 14:05 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Screen Shot Video 20detik
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjawab kritik seputar program Kartu Pra Kerja yang resmi dibuka pendaftarannya pada 11 April 2020. Kritik yang dijawab Airlangga mulai dari soal transparansi perekrutan peserta, masalah pemberian pelatihan, hingga keterlibatan Ruangguru sebagai mitra digital platform pada program andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat kampanye pilpres kemarin.

Konflik kepentingan timbul lantaran Ruangguru merupakan milik Adamas Belva Syah Devara yang saat ini menjadi salah satu Staf Khusus Presiden Jokowi.

Selanjutnya, terkait kritik bahwa orang yang terkena PHK lebih tepat diberi sembako ketimbang pelatihan secara online, Airlangga dengan tegas menyatakan bahwa program sembako juga sudah disiapkan bersama aneka bantuan sosial lainnya. Hanya saja sasarannya adalah masyarakat miskin, bukan mereka yang baru lulus sekolah, pengangguran, atau baru terkena PHK.

"Kalau yang butuh sembako ya ikut yang Program Sembako saja, nggak usah mendaftar (program Kartu Pra Kerja)," tegasnya.

Pada bagian lain, Airlangga menjelaskan alasan pemerintah memberikan Jaring Pengaman Ekonomi dan Jaring Pengaman Perbankan, selain Jaring Pengaman Sosial dan Kesehatan. Juga optimisme Indonesia dalam menghadapi pandemi seperti prediksi IMF.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Airlangga Soal Vaksin Corona: Halalan Thayyiban"
[Gambas:Video 20detik]