Wawancara Khusus Komisaris Shopee

Mengorek Peluang Startup di Tengah Pandemi Corona

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 05 Jun 2020 09:19 WIB
Direktur Toba Bara, Pendiri Indies Capital, VC Ventures, Presiden Komisaris SEA Group Indonesia, Shopee, Dewan Komisaris Gojek, Bukalapak
Foto: Dok. Inspirasi Digital
Jakarta -

Pandu Patria Sjahrir lebih dikenal sebagai Direktur PT Toba Bara Sejahtra Tbk dan juga Ketua Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI). Tapi siapa sangka ternyata dia tengah asik nyemplung di dunia investasi startup.

Sedikit yang tahu, ternyata Pandu sudah berkecimpung di dunia investasi perusahaan digital selama 7 tahun. Baru belakangan ini dia diketahui sebagai Presiden Komisaris SEA Group (dulunya Garena) untuk wilayah Indonesia yang menaungi Shopee. Pandu juga diketahui sebagai salah satu anggota Dewan Komisaris Gojek.

"Ya memang karena sebagai ketua asosiasi, lebih banyak berbicara untuk urusan asosiasi, urusan undang-undang Minerba begitu. Sebenarnya saya sudah 7 tahun investasi teknologi tapi memang bukan buat dipamerin lah. Sebagian memang sudah jalan seperti di Gojek orang udah tahu, Bukalapak juga ya sebenarnya hanya investasi saja dan SEA yang orang juga banyak yang belum tahu," tuturnya saat berbincang dengan detikcom.

Dalam wawancaranya dengan detikcom, Pandu berbagi tips bagi perusahaan startup yang ingin mengembangkan usahanya di masa pandemi Corona. Dia menilai wabah COVID-19 memberikan banyak peluang bagi startup.

Selain itu dia juga mengungkapkan cara dia memilih startup untuk disuntik modal. Hal itu tentu bisa menjadi tips bagi pemilik startup demi menggaet investor.

Tak hanya itu, Pandu juga berbicara mengenai dominasi startup dalam sektor tertentu. Benarkah ada aksi duopoli?

Wawancara lengkap di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3