Ngobrol Bareng CEO Delution Enterprise

Kisah di Balik Rumah Mungil di Gang Sempit Cipulir yang Mendunia

Herdi - detikFinance
Senin, 21 Sep 2020 10:33 WIB
The Twins/Fernando Gomulya/Delution
Foto: CEO Delution Muhammad Egha/Herdi Alif Alhikam
Jakarta -

Sebuah rumah yang berada di tengah padatnya pemukiman Jakarta mendapatkan perhatian dunia. Meski letaknya berada di gang sempit, rumah ini berhasil menyabet penghargaan Artichizer Award 2020 yang berbasis di New York.

Berlokasi di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan, rumah ini dinamai The Twins dan merupakan hasil karya firma arsitek anak negeri, Delution. The Twins dibangun di atas lahan yang cuma seluas 70 meter persegi. Meski lahannya tidak luas, bentuk rumah The Twins berupa dua bangunan yang berdiri saling berdampingan.

Kepada detikcom, CEO Delution Muhammad Egha bercerita soal kisah rumah mungil yang menarik perhatian dunia ini. Dia menuturkan desain rumah mungil ini terinspirasi dari kakak beradik yang menjadi pemilik rumah.

Awalnya, dua kakak beradik itu meminta bantuan Delution untuk membantu membuat rumah yang mereka tinggali bersama. Dari situ, Egha bercerita, pihaknya mendesain rumah dengan filosofi hubungan kakak beradik.

"Jadi untuk mengakomodir dua kakak beradik ini kami buatlah The Twins, nah namanya kakak beradik kan hubungannya bisa naik dan turun, maka kami buat dua bangunan yang cuma terpisah 1 meter oleh sebuah pintu kaca," tutur Egha saat berbincang bersama detikcom di kantornya, bilangan Bintaro, Tangerang Selatan.

Dalam membuat sebuah karya, Egha mengatakan pihaknya ingin membuat sesuatu yang ikonik. Maka dari itu, meskipun lokasi The Twins berada di dalam gang sempit, dia ingin rumah itu menjadi ikonik di tengah lingkungannya.

"Dalam melakukan suatu pekerjaan produk kami adalah iconic space, jadi sesuatu yang iconic, sesuai dengan idealisme kita sendiri a new paradigm atau sebuah paradigma baru," ujar Egha.

Dalam perbincangan bersama detikcom, Egha juga mengungkapkan banyak hal. Mulai dari konsep rumah bertumbuh, hingga selayang pandang profesi arsitek di Indonesia.

Berikut ini kutipan wawancara selengkapnya:

klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Sri Mulyani Ungkap Sistem Syariah Bisa Jadi Sumber Pemulihan Ekonomi RI"
[Gambas:Video 20detik]