Follow detikFinance
Sabtu 23 Sep 2017, 19:50 WIB

Disorot Media Asing, Meikarta Disebut 'Shenzhen of Indonesia'

Mustiana Lestari - detikFinance
Disorot Media Asing, Meikarta Disebut Shenzhen of Indonesia Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mega proyek yang digarap Lippo Group, Meikarta diberitakan media internasional. Media-media asing tersebut adalah Nasdaq, Reuters UK, Dow Jones.

"Meikarta adalah upaya kami untuk menyediakan hunian dengan harga terjangkau yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan kualitas terbaik yang ditujukan bagi semua lapisan masyarakat," tutur Chairman Lippo Group James Riady dalam rilisnya, Sabtu (23/9/2017).

Reuters menyebutkan kota baru Meikarta ini menelan biaya US$ 21 miliar yang dibangun bekerja sama dengan Japan's Mitsubishi Group, Toyota and Sanko Soflan Holdings Co Ltd. Shenzhen.

Selain itu, Reuters juga menyebutkan di dalam Meikarta yang akan menjadi 'Shenzhen of Indonesia' ini akan berdiri industri otomotif, elektronik berikut dengan hotel bintang 5, mal, dan universitas.

Sementara pihak pengembang mengklaim, proyek yang berada di Cikarang, Bekasi Timur ini sudah dibeli oleh 130 ribu orang. Hadirnya Meikarta juga disebut dapat meredakan kepadatan penduduk dan konsentrasi investasi yang selama ini dipegang oleh Jakarta.

Selain itu, Lippo Group menyatakan kota baru yang akan didirikan juga akan menekan akan pengangguran. Sebab pembangunan ini akan berpotensi mendorong tumbuhnya 4 ribu perusahaan internasional dan 10 ribu perusahaan lokal. Bahkan menyerap 3,9 juta pekerja.

Lippo Group juga siap membangun kota baru Meikarta yang lengkap dan berskala besar.Hal itu dilatarbelakangi dari pengalaman Lippo Group membangun proyek besar, seperti Lippo Karawaci.

Pembangunan kota Meikarta ini juga didukung oleh proyek infrastruktur pemerintah, seperti pelabuhan laut dalam Patimban, bandara internasional Kertajati, jal tol layang Jakarta-Cikampek, LRT Bekasi Timur-Semanggi, dan kereta cepat Jakata-Bandung.

Sehingga bisa dikatakan pembangunan Meikarta yang bersinergi seperti itu akan bisa diandalkan dan menjadi lahan untuk meningkatkan daya saing ekonomi. (ega/ega)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed