detikfinance
Perencanaan Keuangan
Aidil Akbar Madjid, MBA, CFE®, CFP®, RFC®
Wealth Planner™
Pakar Ekonomi Mikro & Keluarga
Chairman, IARFC Indonesia

Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat

Aidil Akbar Madjid - detikfinance
Selasa, 11/10/2011 10:25 WIB
Halaman 1 dari 2
Jakarta -Saya senang sekali membaca kolom tanya-jawab yang bapak asuh karena keterangan, informasi serta jawaban dari bapak sangat membantu saya. Saya memiliki sebuah pertanyaan yang saya rasa banyak dialami oleh ibu-ibu muda.

Saya seorang karyawati usia 32 tahun dengan seorang anak perempuan usia 1 tahun. Sejak saya masih hamil sampai sekarang banyak sekali agen asuransi yang menawarkan saya produk asuransi pendidikan. Apakah menurut Pak Akbar saya harus membeli produk tersebut untuk melindungi anak saya dari risiko kematian atau untuk pendidikan? Bagaimana cara memilih produk yang baik?

Terima kasih atas bantuannya.

Jawaban:

Ibu Mia yang saya hormati,

Terima kasih atas kesetiaan ibu dalam membaca kolom yang saya asuh. Sejak diluncurkannya asuransi yang disebut dengan Unit-Linked atau UnitLink banyak perusahaan asuransi dan agen-agen asuransi yang menawarkan produknya secara sangat agresif. Salah satu produk unggulan dari asuransi ini yang kemudian digabung atau dikemas menjadi asuransi pendidikan.

Jenis asuransi ini sebenarnya baru dimulai di Indonesia di akhir tahun 1990an dan awal tahun 2000-an. Apabila menilik dari karakternya, sebuah polis Asuransi atau asuransi jiwa secara spesifik adalah sebuah kontrak untuk melindungi resiko (resiko kematian pada asuransi jiwa) yang dapat dihitung nilai ekonomisnya.
Sementara itu, sebuah produk Unit-Linked yang kemudian dijual menjadi Asuransi Pendidikan bukanlah sebuah produk Asuransi murni. Asuransi ini mengandung unsur investasi dimana dalam kondisi ini kegunaan investasi jauh lebih tinggi dibandingkan kebutuhan asuransi ibu. Next

Halaman 12
(qom/qom)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Senin, 21/07/2014 17:45 WIB
    Bos Blue Bird Bicara Soal Kursi Ketua Hipmi
    Jumat (18/07/2014) lalu, detikFinance berkesempatan mewawancarai Bayu Priawan Djokosoetono, Bendahara Umum Hipmi. Bayu dikabarkan mencalonkan diri untuk menjadi ketua umum Hipmi selanjutnya.
  • Gb Minggu, 20/07/2014 09:52 WIB
    Tips Cermat Mengelola Uang THR
    Sudah mendapat suntikan Tunjangan Hari Raya (THR)? Jika tidak dikelola dengan bijak, bisa jadi THR hanya akan numpang lewat saja. Berikut tipsnya.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut