detikfinance

Jadi Orang Terkaya No. 3, Harta Pemilik Zara Naik Rp 185 Triliun Setahun

Wahyu Daniel - detikfinance
Selasa, 05/03/2013 18:25 WIB
//images.detik.com/content/2013/03/05/68/181441_ortega.jpg Foto: Forbes
Jakarta -Miliuner asal Spanyol Amancio Ortega menjadi orang yang paling sukses karena kenaikan hartanya paling tinggi dalam setahun terakhir. Ortega menjadi orang terkaya nomor 3 di dunia dengan kekayaan US$ 57 miliar atau Rp 541,5 triliun per Maret 2013.

Dikutip dari Forbes, Selasa (5/3/2013), kekayaan Ortega dalam setahun terakhir ini naik US$ 19,5 miliar atau Rp 185 triliun.

Makin populernya merek busana Zara di dunia, membuat bisnis Ortega makin kinclong. Selain Zara, Ortega juga memiliki merek busana Massimo Dutti, Bershka, serta Pull and Bear lewat induk usaha Inditex. Penjualan semua merek busana ini naik 50%.

Inditex memang merupakan perusahaan busana yang paling sering mengganti tren model. Hampir setiap minggu, semua pakaian di Zara berganti dengan model baru, dan ini yang membuat konsumen terus menyerbu toko tersebut. Padahal kompetitor Zara yaitu H&M datar penjualannya.

Ortega saat ini memiliki 60% saham di Inditex dan tidak mau disorot terlalu sering oleh media. Ortega mundur sebagai chairman Inditex, namun dikabarkan tetap terjun dalam pada bisnis tersebut. Ortega tinggal di La Corune, dekat kantor pusat Inditex di Arteixo.

Setelah menjadi orang terkaya, Ortega juga mulai merambah bisnis properti dengan portofolio properti US$ 4 miliar. Ortega juga memiliki beberapa gedung mewah di Madrid, London, Chicago, San Fransisco, dan New York.

Dikatakan Forbes, Ortega memang selalu menjaga privasinya dari sorotan media dan juga keluarganya. Pada Desember 2012, sebuah media di Spanyol melaporkan, Ortega membayar setengah juta dolar AS atau sekitar Rp 4,7 miliar kepada seorang paparazzi agar tidak mempublikasikan foto anak perempuannya bernama Marta dan suaminya Sergio Alvarez saat tengah bulan madu di Kamboja dan Australia.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com
  • Gb Kamis, 27/11/2014 08:55 WIB
    Wawancara Khusus Menteri PU Pera
    Cerita Menteri Basuki Blusukan Bareng Jokowi ke Tanah Sumatera
    Presiden Joko Widodo baru saja menyelesaikan kunjungan lapangan atau yang biasa dikenal sebagai blusukan selama 2 hari di tanah Sumatera. Jokowi meninjau pelabuhan, pembangkit listrik, sampai sawah.


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut