Jajal Peluang Franchise Kecantikan dengan Modal Rp35 Juta, Ini Caranya

Advertorial - detikFinance
Selasa, 31 Agu 2021 00:00 WIB
Yogyakarta - Skema bisnis franchise kini telah merambah ke banyak lini bisnis, salah satunya bisnis kecantikan. Kezia Skin Care Group menjadi yang pertama menawarkan skema franchise kecantikan dengan menyuguhkan tempat khusus perawatan wajah dan badan lewat Kezia Facial Spot.

Founder Kezia Skin Care Group, Hilda Jayasasmita melihat peluang dari franchise bisnis kecantikan ini dengan melihat kebutuhan akan perawatan kulit dan wajah yang semakin tinggi permintaannya di tengah masyarakat.

Untuk itu, pihaknya menawarkan kemudahan dan peluang bagi para pelaku bisnis yang tertarik memulai bisnis kecantikan untuk menjalin kemitraan. Dengan skema franchise, masyarakat bisa mengembangkan usaha di bidang kecantikan tanpa modal besar dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki, mulai dari Rp35 juta saja.

"Keuntungannya banyak. Skincarenya kami suplai, kami juga menyediakan alat perawatannya. Buat treatment, buat bed-nya, dekorasi interior juga kami sediakan," kata Hilda kepada detikcom dalam Opening Kezia Facial Spot Yogyakarta pada Sabtu (29/8/2021).

advFoto: dok. Kezia Skincare

Dalam kesempatan yang sama, General Manager Kezia Skin Care Group Eddo Subrata menjelaskan pihaknya membuat konsep bisnis baru yang mengintegrasikan kerja sama antara penjualan produk melalui reseller maupun distributor online dengan tempat perawatan. Melalui kesempatan bisnis ini, pihaknya berkomitmen untuk membangun entrepreneur baru yang bisa menjalankan bisnis secara online maupun offline dengan menjangkau bukan hanya kota-kota besar di Indonesia. Akan tetapi membawa layanan perawatan kecantikan hingga ke kota-kota terpencil sekalipun.

"Kezia Facial Spot adalah tahapan awal reseller dan distributor untuk nantinya bisa punya klinik, jadi fasenya kecil dulu. Nggak jadi masalah, tapi nanti ketika semua berkembang dan penjualan sudah bagus itu bisa jadi klinik yang memang tindakan perawatannya lebih bisa bervariasi dan lebih bagus," lanjutnya.

advFoto: dok. Kezia Skincare

Eddo pun mengatakan pihaknya menargetkan untuk membuka 100 Kezia Facial Spot di Indonesia dalam tahun 2021 ini. Sehingga, nantinya perawatan kecantikan bisa tersebar luas di Indonesia.

"Karena Clinic kesannya selalu ada di kota besar, sedangkan orang-orang di daerah, yang mana skincare ini juga sudah jadi kebutuhan pokok, harusnya tersebar. Kita punya pulau yang begitu banyak dan daerah yang begitu luas, kita mau meratakan (layanan) itu semua di berbagai daerah," jelas Eddo.

Lebih lanjut, Eddo memaparkan kemudahan prosedur penawaran franchise bisnis kecantikan Kezia Facial Spot ini, antara lain

  1. Menyiapkan tempat/lokasi perawatan dengan ukuran minimal 5x5m, disarankan di lokasi strategis dan higienis.
  2. Menyiapkan 3 calon karyawan untuk diseleksi kemudian diberi training oleh pihak pusat.
  3. Menyiapkan modal sistem full franchise Rp 75 juta atau sistem mitra Rp 35 juta.

"Memang secara mitra dan franchise-nya pun cukup murah untuk bisnis kecantikan. Karena kalau klinik itu modalnya bisa ratusan sampai miliaran rupiah, dengan alatnya yang memang dia harus impor juga. Apakah itu dari China atau dari Jerman dan tergantung alatnya Tapi kalau ini cukup dengan Rp35 jutaan up to Rp75 juta sudah bisa partnership dengan Kezia Skin Care Group secara keseluruhan," ungkap Eddo.

Mulai harga Rp35 juta saja, masyarakat bisa membuka Kezia Facial Spot dengan sistem kemitraan. Nantinya, pemilik bisnis akan mendaaptkan harga produk reseller level 1, sharing omzet treatment dengan pihak pusat, serta mendapat fasilitas lengkap berupa alat perawatan yang berkualitas.

Sementara untuk sistem Full Franchise dengan modal Rp35 juta, pemilik bisnis bisa mendapatkan harga produk distributor level 3, menjadi depo distributor skincare di wilayahnya, serta bebas dari sharing omzet treatment sehingga keuntungan penuh bisa dimiliki oleh pemilik franchise. Tentunya, tidak ketinggalan juga akan disediakan fasilitas lengkap berupa alat perawatan yang berkualitas.

Selain memberi kemudahan prosedur bisnis yang menggiurkan, pihak Kezia juga akan membantu branding interior lokasi treatment serta mendukung pemasaran dari masing-masing outlet Kezia Facial Spot melalui jaringan Kezia Skin Care Group yang sudah terkenal di kalangan masyarakat.

advFoto: dok. Kezia Skincare

Head Doctor Kezia Skin Care Group, dr. Haekal Anshari, M. Biomed menambahkan hadirnya Kezia Facial Spot juga bisa meningkatkan jangkauan masyarakat mendapatkan produk yang terbukti ilmiah untuk bantu mengatasi masalah kulit.

"Skincare-nya juga terdaftar di BPOM, tersertifikat halal serta didukung oleh pabrik dan klinik. Harapan ke depannya semakin banyak Kezia Facial Spot di Indonesia, tidak menutup kemungkinan juga Kezia Facial Spot ke depannya bisa berkembang jadi klinik dan akan semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dan hasil yang terbaik serta terbukti ilmiah dari Kezia," ujarnya.

Ia pun mengatakan peluang bisnis kecantikan bisa memberi keuntungan bahkan di tengah pandemi sekalipun. Sebab, kesehatan kulit atau masalah kulit tidak mengenal pandemi.

Sama seperti kesehatan tubuh, menurutnya kulit juga membutuhkan asupan nutrisi sehat salah satunya dengan menjaga kesehatan kulit dan menjalani perawatan yang tepat.

Sebagai informasi, Kezia Facial Spot baru saja membuka gerai di Yogyakarta setelah sebelumnya membuka gerai di berbagai daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Saat ini, tengah dilakukan juga serangkaian persiapan untuk membuka Kezia Facial Spot di berbagai wilayah Luar Jawa seperti Balikpapan, Penajam, Makassar, Kendari, dan lain-lain untuk mewujudkan target 100 Kezial Facial Spot di tahun 2021.

Melalui Kezia Facial Spot, masyarakat bisa mendapatkan lebih dari 10 varian treatment perawatan wajah dan tubuh sesuai dengan concern masing-masing. Perawatan ini bakal diberikan langsung oleh para terapis yang dilatih khusus oleh Kezia Skin Care Group.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mendapatkan berbagai produk Kezia Skin Care Group yang meliputi paket face care sesuai masalah kulit, produk body care, hingga yang terbaru dihadirkan juga produk dektoratif, seperti lipstick, lip cream, loose powder, serta two way cake dengan harga-harga yang sangat terjangkau dan ramah di kantong.

(adv/adv)