Dear Milenial, Begini Cara Atur Keuangan Biar Nggak Boncos

Advertorial - detikFinance
Selasa, 26 Okt 2021 11:00 WIB
adv danamon
Jakarta - Gaya hidup milenial terkadang membuat keuangan mereka tidak teratur. Lalu bagaimana cara mengaturnya agar keuangan tetap aman?

Padahal bila melihat lebih jauh lagi, para generasi milenial harus memiliki beberapa tuntutan hidup. Belum lagi bila mereka punya tanggungan hidup seperti membiayai orang tua, pendidikan masa depan, hingga biaya tak terduga karena sekarang #SemuaButuhUang.

Seorang milenial yang juga jurnalis detikFinance, Annisa Indriani menuturkan bila berbicara soal milenial tak akan jauh-jauh dari gaya hidupnya. Ia sebagai generasi milenial juga mengakui walau berada di masa pandemi, tetap membutuhkan uang untuk keperluan gaya hidupnya.

"Apalagi generasi ini kan bisa dibilang lebih boros dari generasi lainnya. Berdasarkan survei dari GoBankingRates itu emang bilang 82% milenial punya masalah finansial yang buruk alias boros," kata Annisa.

Annisa menambahkan keperluan yang paling banyak dikeluarkan oleh para milenial antara lain untuk hangout, ngopi bersama teman di cafe, travelling, hingga belanja online. Ini pun membuktikan seberapa dominannya pengeluaran uang oleh milenial dalam hal-hal berbau leisure.

Annisa melanjutkan milenial cenderung tidak sadar mengeluarkan uang usai mereka mendapatkan gaji, sebab mereka berpikir uang yang dimiliki banyak. Ia pun memberikan tips agar keuangan para generasi milenial tidak boncos sehabis gajian.

"Tipsnya abis gajian itu dialokasiin ke beberapa keperluan kayak misalkan untuk listrik, biaya makan satu bulan dan jangan lupa untuk nabung. Nabung itu penting banget ya," ungkapnya.

Sementara itu, Financial Consultant sekaligus CEO Value Magazine, Andhika Diskartes menganalogikan pentingnya mengatur keuangan bagi generasi milenial seperti pentingnya olahraga untuk kesehatan tubuh atau pentingnya check up kesehatan.

"Iya, sesimpel itu kalau ditanya seberapa penting our financial planning buat kita maka gua akan jawab sepenting itu. Sepenting orang-orang menjaga kesehatannya dan menjaga apa sih yang biasa ia lakukan. Kalau ngomongin olahraga buat kesehatan, sekarang kalau ngomongin finance ya buat dompet sehat," kata Andhika.

Andhika pun tak lupa memberikan tips bagi para generasi milenial untuk mengatur keuangannya. Menurut Andhika, generasi milenial harus menghindari kata-kata simpel, karena apabila berbicara soal financial planning, itu merupakan rumah besar yang punya beberapa turunan. Di dalam sebuah financial planning, terdapat investment hingga depth management.

"Ketika kita terkonsentrasi dengan kata-kata simpel, kita menganggap ya ngitung duit gitu-gitu aja. Padahal kan nggak seperti itu. Kalau kita bicara dari sisi urutan misalnya, ya paling utama harus dilakukan budgeting," jelas Andhika.

Menurut Andhika planning selalu berbicara mengenai ide, sehingga generasi milenial bisa memproyeksikan budget maksimal hingga 3 bulan ke depan. Setelah budgeting selesai, generasi milenial bisa mengatur investment, dan lain sebagainya. Jadi Andhika menyarankan untuk memulai suatu financial planning dari budgeting.

Memang di kehidupan dengan biaya hidup yang serba tinggi saat ini semuanya butuh uang. Ditambah lagi tuntutan gaya hidup yang seringkali mendorong siapapun untuk mempergunakan uang dengan kurang bijak.

Hal tersebut mengharuskan generasi milenial untuk memutar otak bagaimana cara mengelola uang dengan baik. Karena hampir di setiap kegiatan yang dilakukan sehari-hari pastinya semua butuh uang.

Bahkan berdiam diri di rumah pun tetap butuh uang untuk sekedar membayar listrik atau membeli makanan. Memang uang bukan segalanya, tapi segalanya membutuhkan uang.

Oleh karena itu, ini saatnya untuk pegang kendali keuanganmu. Bukan hanya pintar mencari uang, tapi juga harus cerdas dalam mengelola keuangan supaya tidak menyesal di kemudian hari. Salah satu cara mengatur uang bisa dilakukan bersama Bank Danamon.

Hal ini juga yang dibahas pada acara live streaming Danamon bekerja sama dengan detikcom di Instagram pada Jumat (15/10) lalu. Tujuannya untuk mengupas tuntas tren belanja milenial sebenarnya benar-benar butuh atau cuma BM saja.

Masih banyak lagi yang dibahas oleh Andhika untuk memberikan tips mengelola keuangan bagi para milenial. Meski acara sudah selesai, tapi kamu tetap bisa menonton tayangan ulangnya dengan mengunjungi laman resmi Instagram @mydanamon atau klik bdi.co.id/milenialbutuhuang untuk melihat tayangan lengkapnya.

(adv/adv)