Follow detikFinance
Senin, 08 Agu 2016 16:25 WIB

Sebelum Dilarang ke AS, Garuda Pernah Terbangi Rute Jakarta-LA

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Semua maskapai asal Indonesia dilarang terbang ke Amerika Serikat (AS) semenjak lembaga penerbangan Paman Sam tersebut, Federal Aviation Administration (FAA) menurunkan rating keselamatan dan keamanan penerbangan Indonesia dari kategori 1 menjadi kategori 2 sejak tahun 2007.

Akibatnya, maskapai Indonesia dilarang terbang ke wilayah udara AS.

Ternyata jauh sebelum larangan ini, Garuda Indonesia pernah terbang ke AS. Rute terdahulu ialah Jakarta-Denpasar-Biak-Hawaii-Los Angeles. Penerbangan yang dilakukan pada periode 1990-an itu memakai pesawat tipe McDonnell-Douglas MD-11.

Namun penerbangan ke AS tak bisa berlanjut, bukan karena larangan terbang namun Indonesia terkena terpaan krisis ekonomi tahun 1997/1998.

Ilustrasi pesawat jenis McDonnell-Douglas MD-11 (dok. Reuters)


"Dulu karena krisis moneter 1997/1998, penerbangan dihentikan," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo kepada detikFinance, Senin (8/8/2016).

Tak hanya rute ke AS, Garuda Indonesia juga melayani penerbangan ke Eropa. Penerbangan lintas benua tersebut harus dihentikan karena terpukulnya kinerja perseroan.

Kini, maskapai pelat merah Indonesia ini membuka kembali cerita baru penerbangan ke AS. Garuda Indonesia sedang mengkaji pembukaan penerbangan ke AS bila FAA resmi menaikkan kategori keselamatan penerbangan RI. Dua pesawat jenis Boeing-777-300ER bakal disiapkan Garuda Indonesia untuk membawa penumpang dari Indonesia ke As atau sebaliknya.

Boeing 777-300ER Garuda Indonesia


"Masalah penerbangan ke AS harus dihitung lebih cermat. Ini penerbangan jarak jauh maka harus dihitung cermat. Ke depan, jangan membebani Garuda," sebutnya.

Boeing 777-300ER merupakan armada terbaru Garuda Indonesia


Berita terbaru, FAA menyatakan Indonesia telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan penerbangan. Pengumuman resmi akan dilakukan pada akhir Agustus 2016.

Bila rating penerbangan RI naik dari kategori 2 menjadi kategori 1, maka larangan terbang maskapai RI ke AS atau maskapai AS ke Indonesia akan dicabut. (feb/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed