Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 19 Apr 2017 12:23 WIB

Pengerjaan Tol Pemalang-Batang Dikebut, Ini Penampakannya

Robby Bernardi - detikFinance
Foto: Robby Bernardi Foto: Robby Bernardi
Batang - Pembangunan jalur tol Pemalang-Batang sepanjang 39,2 KM dikebut. Hingga saat ini, progres pengerjaan jalan tol tersebut, mencapai 70 %. Rencananya, jalur ini akan fungsional dalam menghadapi arus lebaran mendatang. Pengerjaan yang tengah dilakukan saat ini berupa pengecoran jalan, pemasangan grinder untuk persimpangan jalur tol dengan jalan umum, dan pembuatan jembatan.

Dalam pantauan di lapangan, tepatnya di titik exit toll di Pasekaran, Kabupaten Batang, beberapa alat berat tampak tengah memindahkan grinder bentang 50. Grinder seberat 130 ton ini, akan ditata sebelum ditutup oleh cor beton. Direncanakan, jalur umum akan dilewatkan di atas grinder ini, sedangkan jalur tol akan dilewatkan di bawah grinder sebagai under cross, yang juga akan difungsikan sebagai titik exit tol.
Pengerjaan Tol Pemalang-Batang Di Kebut, Ini PenampakanyaFoto: Robby Bernardi

"Kita kerjakan lembur dengan beberapa shift. Saat ini kita kebut juga di jalur, berupa pengecoran beton yang akan fungsional saat arus lebaran mendatang," Kata Tri Mulyo W, Kepala Proyek Pemalang Batang Tol Road (PBTR) di lokasi proyek, Rabu (19/4/2017).
Pengerjaan Tol Pemalang-Batang Di Kebut, Ini PenampakanyaFoto: Robby Bernardi

Pengecoran jalur tol sepanjang 39,2 KM tersebut digunakan lean concrete (LC), setebal 10 CM dan lebar 7 M.

"Saat ini, total pengerjaan tol Pemalang-Batang untuk fungsional lebaran, sudah sampai 70 persen. Target kami, H-10 sudah bisa difungsikan dalam menghadapi arus lebaran mendatang," tambahnya.
Pengerjaan Tol Pemalang-Batang Di Kebut, Ini PenampakanyaFoto: Robby Bernardi

Sedianya, jalur fungsional tol Pemalang-Batang ini telah disiapkan tiga titik exit toll, yakni di Pemalang pada titik exit Gandulan, di Pekalongan pada titik exit Bojong dan di Batang pada titik exit Pasekaran. Namun demikian, pihak PBTR juga telah memperisapkan persimpangan-persimpangan jalan sebagai antisipasi crowded (macet) di dalam tol.
Pengerjaan Tol Pemalang-Batang Di Kebut, Ini PenampakanyaFoto: Robby Bernardi


(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed