Follow detikFinance
Kamis 20 Jul 2017, 12:48 WIB

Glodok dan WTC Mangga Dua Sepi, Ekonomi Lagi Lesu?

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Glodok dan WTC Mangga Dua Sepi, Ekonomi Lagi Lesu? Foto: Muhammad Idris
Jakarta - Toko-toko di Pasar Elektronik Glodok dan WTC Mangga Dua yang dulu ramai dikunjungi pembeli kini tutup. Apakah ini menunjukkan kondisi ekonomi lagi lesu?

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Tutum Rahanta, menjelaskan daya beli saat ini memang sedang turun, terutama di sektor ritel.


"Kami sendiri di sektor ritel merasakan itu. Penurunan daya beli di sektor ritel 5-15%. Masyarakat tidak punya kekuatan untuk beli," ujar Tutum kepada detikFinance, Kamis (20/7/2017)

Tutum menyoroti pemicu tutupnya toko-toko di Glodok dan Mangga Dua tutup adalah karena dua faktor. Pertama, Faktor utama tetap kelesuan ekonomi.

"Kalau daya beli baik kenapa mereka tutup. Bukan cuma Glodok yang mengalami, semua sektor mengalami," kata Tutum.

Kedua, pergeseran cara belanja masyarakat saat ini. Menurut Tutum, produk-produk yang dijual Glodok sekarang beralih ke online.


Senada, Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Suryadi Sasmita menambahkan, daya beli saat ini memang sedang turun.

Pemicunya, pertama, biaya hidup tinggi.

"Biaya hidup naik misalnya sewa rumah, kontrak, kantor, mal, itu naik. service charge misalnya di apartemen, service charge di mall naik," terang Suryadi.


Kedua, daya beli turun karena cukup banyak angkatan kerja yang tidak terserap di sektor industri.

"Orang-orang yang lulus dari sekolah itu sekitar 2 juta per tahun, sedangkan yang dapat pekerjaan atau yang terserap cuma sekitar 800.000-an (Penyerapan tenaga kerja). Sehingga yang tidak terserap tidak dapat penghasilan sehingga tidak menunjang daya beli," terang Suryadi. (hns/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed