Follow detikFinance
Senin 14 Aug 2017, 18:10 WIB

Gaya Hidup Baru Ubah Pola Konsumsi Orang RI

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Gaya Hidup Baru Ubah Pola Konsumsi Orang RI Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Dekan dan Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Ari Kuncoro mengungkapkan gaya hidup sebagian orang Indonesia memasuki tren yang baru.

Pola konsumsi mengalami sedikit perubahan, masyarakat cenderung lebih suka jalan-jalan untuk mendapatkan pengakuan dari kehadiran diri mereka.

"Apakah konsumen, memenuhi Jalan Malioboro, Tunjungan segala macam cuma makan bakso dan minum sambil bawa istrinya. Difoto di-upload di media sosial dan menjadi status di bahwa ia mampu," kata Ari dalam seminar Nasional "Apakah Perekonomian Indonesia Melambat" di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, (14/8/2017).


Dengan mengunggah foto 'liburannya' mereka mendapatkan kepuasan bahwa ada pengakuan dari pihak lain. Eksistensi tersebut hadir melalui respons dari berbagai pihak yang mengomentari atau menyukai postingan tersebut di media sosial.

"Sekarang bukan zamannya lagi pamer barang baru seperti handphone atau baju baru tetapi orang lebih suka pamer foto liburan yang langsung bisa di-upload di media sosial mereka," ujar Ari.

Gaya Hidup Baru Orang RIFoto: Dok. BPS

Ari menambahkan, pendapatan nominal masyarakat kelas menengah tidak mengalami kenaikan yang berarti. Namun, terjadi pergeseran pola konsumsi dari belanja barang ke liburan. Pergeseran pola konsumsi ini dilakukan untuk menunjukan aktualisasi diri mereka di mata orang banyak.

"Leisure, gaya hidup hedonis dan itu menjadi gaya hidup mereka," kata Ari. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed