CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 26 Mar 2011 10:50 WIB

Garap Tambang Emas Baru, Newmont Gelontorkan US$ 8 Juta

- detikFinance
Bogor - PT Newmont Nusa Tenggara harus mengeluarkan dana sebesar US$ 8 juta tahun ini untuk melakukan eksplorasi tambang emas baru di Sumbawa yaitu di Elang. Tahun ini NEwmont sudah mulai melakukan eksplorasi untuk menggali potensi emas yang terdapat di Elang.

"Tahun ini biaya eksplorasi yang harus dikeluarkan sebesar US$ 8 juta dolar hanya untuk tahun ini," kata Senior Manager Eksternal Arif Perdanakusumah di Hotel Salak Bogor, Jumat malam (25/3/2011)

Menurutnya, dana yang akan dikeluarkan tahun depan bergantung pada keberhasilan eksplorasi yang didapat Newmont di Elang pada tahun ini.

Arif memberikan gambaran pada saat membangun proyek Batu Hijau di 1997 memerlukan dana sebesar US$ 2 miliar.

"Saya kira ini akan lebih besar untuk mengembangkan Elang," tambahnya.

Arif belum mengetahui berapa dana total yang harus diinvestasikan untuk proyek yang satu ini. Arif mengira dana yang dibutuhkan akan tergantung studi yang akan dilakukan lakukan.

"Kamu harus lihat apa kami harus bangun pelabuhan, bagimana sistem pengolahannya, dan apa karyawan akan tingggal di situ. Kajiannya akan sangat mendalam," tambahnya.

Arif menambahkan, proses eksplorasi kira-kira akan selesai sekitar 6 sampai 7 tahun. Apabila dilakukan pada tahun ini, diperkirakan akan selesai pada 2016 atau 2017.



(dnl/dnl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed