Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 06 Sep 2011 10:19 WIB

730 Ribu Oz Emas Ditemukan di Tambang Tor Ulala Martabe

- detikFinance
Jakarta - Perusahaan tambang emas G-Resources menyatakan tambang Tor Ulala di proyek Martabe, Sumatera Utara mengandung 730 ribu oz emas. Setiap 1 oz sama dengan 31 gram.

CEO G-Resources Peter Albert mengatakan, selain emas Tor Ulala juga mengandung 4.290.000 oz perak.

"Pengumuman ini sejalan dengan persiapan perusahaan untuk memulai produksi emas dan peraknya di akhir kuartal I-2012," jelas Peter dalam siaran pers, Selasa (6/9/2011).

Perkiraan sumberdaya ini adalah peningkatan sumberdaya di Martabe yang kedua di 2011, dengan peningkatan ketiga yang akan diumumkan di Oktober setelah perkiraan sumberdaya awal di deposit Horas selesai dilakukan.

Tor Uluala merupakan satu dari enam deposit emas yang sudah diketahui berada di dalam wilayah Martabe terletak hanya 2 km dari pabrik pemrosesan.

JORC compliant dan sumberdaya mineral terklasifikasi G-Resources Group saat ini diperkirakan mengandung 7,46 juta oz emas dan 72,60 juta oz perak per 5 September 2011.

"Pengumuman sumberdaya di Tor Uluala ini terus mengkonfirmasi keyakinan perusahaan akan potensi signifikan dari tambang Martabe dan peluang untuk penemuan lebih jauh atas emas dan perak di martabe dan di seluruh wilayah kontrak karya," kata Peter.

Seribu lima ratus orang saat ini bekerja di proyek Martabe, 70%-nya direkrut dari masyarakat di sepuluh desa di lingkar tambang. Proyek Martabe mendapat dukungan kuat dari pemerintah pusat, provinsi, dan daerah serta masyarakat di Batang Toru dan sekitarnya.

Aset awal utama G-Resources saat ini adalah Martabe yang memiliki sumberdaya 7,46 juta oz emas dan 72,60 juta oz perak. Sedang dalam proses konstruksi, Martabe ditargetkan untuk memulai produksi di kuartal I-2012 dengan kapasitas per tahun sebesar 250.000 oz emas dan 2-3 juta oz perak berbiaya rendah senilai kurang dari US$ 250 per oz emas.
(dnl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com