Wah! Monorail di Sydney Bakal Digusur

- detikFinance
Jumat, 23 Mar 2012 15:11 WIB
Sydney - Pemerintah Kota Sydney, Australia berencana untuk menggusur sarana transportasi monorail dari kotanya. Kenapa?

Gubernur New South Wales, Barry O'Farrell mengatakan meskipun sarana transportasi ini sangat populer di mata turis asing, namun transportasi ini tidak disukai oleh penduduk lokal.

Sarana transportasi ini menghubungkan Darling Harbour atau Pecinan dan Pitt Street yang terkenal dengan wilayah ritel di Australia. Monorail tersebut digunakan lebih dari 3 juta orang per tahun yang setengahnya merupakan pendatang.

Akan tetapi monorail di Sydney tidak merangkul semua lapisan masyarakat. Barry mengatakan pemerintahnya telah memberi perusahaan monorail tersebut dan akan segera ditutup.

Jarak 3,6 km yang dihubungkan dengan monorail ini sejak 1988 tidak terhubung dengan sarana transportasi lainnya. "Monorail ini tidak terintegrasi dengan sarana transportasi umum di Sydney dan tidak pernah merangkul masyarakat," jelas Barry seperti dikutip dari AFP, Jumat (23/3/2012).

Masalah utama dari monorail ini di mata masyarakat di Sydney menurut Barry adalah karena monorail tersebut tidak bisa menjangkau banyak tempat.

Monorail ini rencananya akan digusur pada 2015-2016 nanti.


(dnl/dnl)